Terungkap Kenapa Jendela Pesawat Terbang Berbentuk Oval Tidak Persegi

Terungkap Kenapa Jendela Pesawat Terbang Berbentuk Oval Tidak Persegi

Pesawat terbang  memiliki jendela berbentuk oval. Ternyata zaman dulu pesawat memiliki jendela berbentuk persei namun akhirnya diubah seiring perkembangan teknologi dan pencegahan terjadinya kecelakaan lho.

Dikutip dari Science Alert, bentuk jendela pesawat berbentuk oval bisa mengurangi turbulensi atau guncangan ketika pesawat sedang melaju di udara. Selain itu, bentuk jendela berbentuk oval juga bisa menghembat bahan bakar.

Pesawat terbang dengan ketinggian akan mengalami perbedaan tekanan udara di dalam dan luar. Badan pesawat mengembang dan terjadi tegangan dan regangan yang diterapkan material.

Jendela Pesawat Terbang (Tribunnews)

Jendela pesawat berbentuk oval membuat tekanan akan mengalir melalui material dan sedikit terganggu dengan adanya jendela. Namun jika jendela berbentuk persegi mala tekanan akan bertumpu pada sudut jendela.

Hal itu menyebabkan tekanan dapat membuat jendela kaca menjadi pecah, sementara jika bentuk jendela oval maka tekanan pada ketinggian bisa dibagi rata dan seimbang, otomatis pesawat dapat bertahan meski terdapat perbedaan tekanan udara di dalam dan  luar pesawat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"