TERUNGKAP! Ini Alasan Ronny Talapessy Rela Tak Dibayar Saat Dampingi Bharada E Di Kasus Ferdy

TERUNGKAP! Ini Alasan Ronny Talapessy Rela Tak Dibayar Saat Dampingi Bharada E Di Kasus Ferdy

Bharada E alias Richard Eliezer Pudihang Lumiu beserta keluarganya memutuskan mengganti kuasa hukum sebelumnya yakni Deolipa-M Boerhanuddin dan menunjuk Ronny Talapessy sebagai pengacara baru untuk mendampingi dalam kasus pembunuhan Brigadir J yang didalangi Ferdy Sambo.

Seiring dengan ini, terungkap fakta menarik kalau Ronny Talapessy melakukan tugasnya secara prodeo atau mendampingi proses perkara secara cuma-cuma atau gratis. Dia tidak mendapatkan bayaran dari kliennya yakni Bharada E. Pengakuan ini diungkap Ronny saat hadir di podcast Back to BDM.

Awalnya, Ronny Talapessy menceritakan saat keluarga Bharada E bertemu dengannya dan meminta untuk membantu melakukan pendampingan pada anak mereka. Rupanya, Ronny pun sudah mengenal keluarga Richard Eliezer karena rumahnya di Manado berdekatan.

Pengakuan Pengacara Bharada E, Ronny Talapessy (YouTube/Harian Kompas)

"Saya kebetulan asalnya dari Manado. Dekat dengan keluarganya juga di Manado. Saya sudah kenal duluan. Kebetulan (keluarga Bharada E) tinggal di Paniki, dekat sama rumah keluarga besar saya. Jadi kami berkomunikasi di situ," ungkap Ronny Talapessy dikutip dari video di YouTube Harian Kompas.

Pihak keluarga Bharada E tertarik karena Ronny juga pernah menjadi kuasa hukum Eks Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan korban kecelakaan di Tugu Tani. Akhirnya, mereka memutuskan untuk memberikan kuasa pada Ronny Talapessy menjadi pengacara Bharada E. 

"Akhirnya keluarga memang meminta mendampingi Richard Eliezer mengingat bahwa ancamannya ini kan ancaman hukuman mati, enggak bisa main-main dalam proses itu. Akhirnya saya bertemu orangtua, bertemu richard (Bharada E), sehingga saya jadi kuasa hukumnya," sambungnya.

Lebih lanjut, Ronny Talapessy sempat ditanya apakah keluarga Bharada E yang membayarnya? Ronny pun memberi jawaban mengejutkan. Dikatakan, dia menjadi pengacara prodeo atau pengacara yang tidak dibayar. "Saya prodeo di sini. Sama sekali tidak ada (profesional fee). (Mondar-mandir ke pengadilan) betul-betul prodeo," ungkap Ronny.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"