Terpecahkan! Kenapa Indomaret Pakai Kata Maret Bukan Malah Mart Seperti Alfamart

Terpecahkan! Kenapa Indomaret Pakai Kata Maret Bukan Malah Mart Seperti Alfamart

Indomaret menjadi salah satu mini market yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Lokasi yang dekat dengan pemukiman dan menjual barang kebutuhan sehari-hari yang lengkap membuat banyak orang lebih memilih belanja di Indomaret dibandingkan supermarket besar yang berada di mal misalnya.

Buat kamu yang suka datang ke Indomaret, pernahkah berpikir nggak sih jika nama Indomaret kenapa menggunakan kata maret bukan malah mart? Mengingat mini market lain yang juga kompetitor Indomaret yakni Alfamart menggunakan kata mart.

Dikutip dari Era.id, Indomaret didirikan untuk memudahkan masyarakat membeli kebutuhkan pokok sehari-hari. Indomaret berdiri pada tahhun 1988. Indomaret pertama dibuka di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Kini diprediksi sekitar belasan ribu Indomaret tersebar di Indonesia.

Indomaret (Kompas.com)

Indomaret ketika pertama diresmikan memang menggunakan nama Indomart. Namun akhirnya nama itu diubah menjadi Indomaret karena beberapa alasan. Pertama nama Indomart terkesan kurang bersahabat dengan lidah orang Indonesia, sehingga dibuat dipermudah dengan kata maret.

Selain itu pada pertengahan tahun 90-an di Indonesia sempat muncul sebuah gerakan dari pemerintah untuk menumbuhkan  semangat nasionalisme bagi masyarakat Indonesia. Sehingga nama-nama brand yang menggunakan bahasa Inggris seperti Indomart akhirnya diubah menjadi Indomaret.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"