Tak Kunjung Ditemukan, Jenazah Kru KRI Nanggala 402 Diduga Tenggelam ke Kawah Misterius

Tak Kunjung Ditemukan, Jenazah Kru KRI Nanggala 402 Diduga Tenggelam ke Kawah Misterius

Perlahan tapi pasti, sejumlah bagian kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam pada 21 April 2021 lalu berhasil diangkat. Namun mengingat beratnya bobot kapal, hingga kini hanya barang-barang kecil saja yang sudah berhasil dievakuasi. Namun yang jadi misteri, hingga saat ini jenazah awak kapal masih belum terlihat.

Hingga saat ini, penyelidikan memang belum menemukan titik temu terkait keberadaan badan tekan (pressure hull) yang di dalamnya berisi 53 awak KRI Nanggala 402. Sebelumnya, muncul prediksi bahwa bagian itu mungkin tenggelam di dalam lumpur bawah laut.

Bangkai KRI Nanggala 402 Masuk Kawah (via Kumparan)

Meski demikian, baru-baru ini Kapal Tan Suo Er Hao milik China berhasil menemukan hal mengejutkan. Ternyata ditemukan adanya kawah misterius di lokasi tenggelamnya KRI Nanggala 402, yang berada di kedalaman 838 meter, dengan diameter kurang lebih 38 meter dan kedalaman 10-15 meter.

Dugaan sementara, badan tekan dan jenazah para kru kapal selam yang tenggelam terkubur di dalamnya. "Bahwa kawah itu tempat badan tekan atau obyek lain masih belum bisa ditentukan. Ini masih perkiraan saja," demikan ungkap Panglima Komando Armada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto dalam konferensi pers yang digelar Selasa (18/5) lalu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"