Terjawab Sudah! Kenapa Nama Orang Jawa Banyak yang Berawalan ‘Su’ dan ‘Soe’

Terjawab Sudah! Kenapa Nama Orang Jawa Banyak yang Berawalan ‘Su’ dan  ‘Soe’

Nama adalah doa. Termasuk nama orang Jawa  yang diberikan oleh orangtua.Orang Jawa memiliki keunikan dalam segi nama dibandingkan suku-suku lain di Indonesia. Sadar atau nggak, nama  orang Jawa banyak yang berawalan ‘Su’ dan ‘Soe’, khususnya nama-nama orang Jawa di masa lalu.

Selain ‘Su’ dan ‘Soe’, nama orang Jawa juga banyak yang berawalan ‘Wi’, ‘Dar’, ‘Nga’, dan ‘Mar’. ‘Su’ dan ‘Soe’ adalah nama yang populer. Misalnya Sukardi, Susilo, Soekarno, hingga Soeharto. Pemberian nama-nama tersebut dipengaruhi oleh budaya dari luar, misalnya Tionghoa.

Selain itu nama Jawa umumnya juga diambil dari bahasa Sansekerta Dia khususnya pada nama ‘Su’ dan ‘Wa’. Kedua nama itu banyak diberikan oleh orangtua Jawa untuk menamakan putri mereka. Bahasa Arab juga turut andil mempengaruhi nama orang Jawa, misalnya Slamet dari Salam, Sarip dari Sharif, dan Siliki dari Salihin.

Kenapa Nama Orang Jawa Banyak yang Berawalan Su, dan Soe (Okezone)

‘Su’ memiliki arti nama yang baik. Orangtua yang memberikan nama anaknya dengan awalan ‘Su’ ingin agar si anak bisa tumbuh menjadi anak yang dinaungi kebikan selama hidupnya. Selain itu nama ‘Su’ juga memiliki makna yang lebih selalu dan paling.

Misalnya nama Suharto. ‘Su’ itu paling dan ‘Harto’ itu harta, berarti orangtua ingin anaknya memiliki banyak harta. Contoh lain nama Subagyo. ‘Su’ adalah paling dan ‘Bagyo’ berarti bahagia. Berarti orangtua ingin anaknya jadi orang yang paling bahagia.

Jadi sudah jelas ya kenapa banyak orang Jawa menamakan anak mereka dengan nama ‘Su’. Jadi artinya jelas mengandung sesuatu yang positif bukan berkonotasi negatif. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, sudah jarang orang Jawa menamakan nama anaknya dengan nama berawalan ‘Su’.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"