Tentara Keselamatan Rakyat Jadi Asal Usul TNI, Simak Sejarahnya!

Tentara Keselamatan Rakyat Jadi Asal Usul TNI, Simak Sejarahnya!

Tentara Keselamatan Rakyat

Taukah kalian soal tentara keselamatan rakyat? Ini adalah angkatan perang pertama Indonesia. Dulunya bernama Tentara Keamanan Rakyat. 

TKR ini dibentuk pada 5 Oktober 1945 berdasarkan maklumat yang dikeluarkan Pemerintah RI. Tujuan dibentuknya TKR adalah buat mengatasi situai yang mulai nggak aman. Soalnya, meski udah merdeka, Indonesia masih dikunjungi tentara sekutu.

tentara keselamatan rakyat (tribunnewswiki.com)

TKR sendiri terdiri dari TKR Darat, Laut dan Jawatan Penerbangan. Kemudian, pada 7 Januari 1946, TKR diubah namanya. Yang sebelumnya menjadi Tentara Keamanan Rakyat jadi Tentara Keselamatan Rakyat.

Akan tetapi, pada 26 Januari 1946, Tentara Keselamatan Rakyat kembali diubah namanya jadi Tentara Republik Indonesia pada 26 Januari 1946.

Presiden Soekarno saat itu mengeluarkan keputusan buat nyatuin TRI dengan barisan bersenjata lainnya yang ada di Indonesia. Akhirnya penyatuan ini jadi menimbulkan nama baru pada 3 Juni 1947, yaitu Tentara Nasional Indonesia.

Tentara Keselamatan Rakyat (tribunnews.com)

Inilah cikal bakal TNI terbentuk. Selanjutnya, pada 5 Oktober 1959, pemerintah Indonesia secara resmi mengumumkan Hari Angkatan Perang yang saat itu disebut Hari Tentara Nasional Indonesia. Ini ditetapkan lewat Keppres Nomor 316 Tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959 buat merayakan hari lahirnya angkatan bersenjata Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"