Tak Disangka, Ternyata Sosok Ini yang Menggambar Spanduk Warung Pecel Lele di Seluruh Indonesia

Tak Disangka, Ternyata Sosok Ini yang Menggambar Spanduk Warung Pecel Lele di Seluruh Indonesia

Sosok pria ini bernama Hartono. Hartono adalah orang yang melukis gambar spanduk warung pecel lele. Ternyata hampir semua warung pecel lele di seluruh Indonesia, menggunakan spanduk bikinan Hartono."Semua wilayah di Indonesia sudah masuk, dari Aceh sampai Papua," tutur Hartono dikutip dari Tirto.

Hartono pertama kali melukis spanduk warung pecel lele sejak tahun 1997. Sebelum memutuskan untuk melukis spanduk, pria asal Lamongan, Jawa Timur ini berjualan pecel lele dari tahun 1992. Saat membuka warung pecel lele, Hartono meminta bantuan temannya untuk membuat spanduk untuk warung pecel lele miliknya.

Spanduk warung pecel lele memang menarik perhatian banyak orang karena memiliki desain dan warna yang mencolok. Hartono menjelaskan bahwa ia sengaja membuat warna yang mencolok seperti kuning, oranye, hingga hijau, bukan tanpa alasan. "Supaya bisa jadi daya tarik pembeli pada malam hari, kalau bukan warna yang genjreng nggak keliatan," tuturnya.

Hartono Pelukis Spanduk Warung Pecel Lele (Vice)

Saat bekerja mengerjakan spanduk pesanan yang jumlahnya banyak, Hartono ternyata hanya seorang diri mengerjakannya. Ia tak ditemani oleh karyawannya. Karena dia mengerjakan sendiri membuat proses pengerjaan spanduk cukup lama, sekitar 2 hingga 3 bulan lamanya untuk satu spanduk saja.

Dalam proses pengerjaan spanduk, Hartono melakukan dua langkah, mulai dari teknik sablon untuk mencetak huruf dan melukis gambar binatang. Seperti diketahui spanduk warung pecel lele selalu ada gambar binatang, mulai dari ikan lele, ikan mas, ayam hingga bebek.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"