Tahu Nggak Sih, Kenapa Tempat Tidur Sopir Bus Selalu Berada di Paling Belakang?

Tahu Nggak Sih, Kenapa Tempat Tidur Sopir Bus Selalu Berada di Paling Belakang?

Pernah naik bus AKAP atau antar kota antar provinsi? Biasanya bus yang mengantarkan penumpang jarak jauh ini tersedia sebuah tempat khusus di belakang bus sebagai tempat tidur sopir bus . Tahu nggak kenapa tempat tidur sopir bus selalu ada di belakang?

Biasanya tempat itu digunakan sopir untuk tidur atau istirahat selama beberapa jam. Sebab dalam bus AKAP terdapat dua orang sopir yang bergantian mengemudikan bus. Jika sopir tidak mengemudi, maka ia akan istirahat di tempat khusus itu.

Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan tempat tidur khusus sopir bus itu memang sengaja berada di bagian paling belakang, tepat di kursi penumpang deretan paling terakhir atau dekat pintu belakang dekat toilet. 

Tahu Nggak Sih, Kenapa Tempat Tidur Sopir Bus Selalu Berada di Paling Belakang (Kompas Otomotif)

“Di belakang kursi penumpang merupakan tempat yang paling memadai dijadikan tempat tidur sopir bus,” tutur Werry dilansir dari Kompas.com. Ruangan berukuran sekitar 1X3 meter dirasa cukup untuk tempat istirahat sopir bus.

Bagian ini dibuat cukup luas dan diberikan alas atau kasur yang memadai digunakan sopir bus melakukan istirahat sebelum atau sesudah mengemudikan bus. Meskipun istirahat tak lama, namun diharapkan fisik sopir bisa kembali pulih setelah tidur di tempat itu.

Memang dengan pembangunan tol Trans Jawa berhasil memangkas waktu perjalanan bus AKAP dari Jakarta menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur. Misalnya bus dengan rute Jakarta-Solo yang dulu ditempuh selama 12 jam, kini hanya sekitar 7-8 jam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"