Sudah Tahu Belum, Kenapa Petugas Imigrasi Wajahnya Suka Jutek Kalau Ketemu Orang? Ternyata Ini Penyebabnya

Sudah Tahu Belum, Kenapa Petugas Imigrasi Wajahnya Suka Jutek Kalau Ketemu Orang? Ternyata Ini Penyebabnya

Saat kita memasuki sebuah negara pasti bertemu dengan petugas imigrasi  di bandara atau pelabuhan. Tugas petugas imigrasi biasanya mengecek dokumen yang kita bawa untuk memasuki negara tersebut, salah satunya paspor.

Terkadang sebelum atau saat paspor diperiksa, kita sudah merasa takut karena melihat wajah petugas imigrasi yang menunjukan wajah tak bersahabat, dingin, hingga sekilas jutek. Petugas imigrasi juga disebut jarang tersenyum ketika sedang bekerja.

Dilansir dari beberapa sumber, bisa jadi wajah petugas imigrasi jarang tersenyum karena tuntutan pekerjaan yang mereka hadapi. Menjadi seorang petugas imigrasi bukan perkara mudah karena pekerjaan mereka cukup berat, wajib memeriksa orang yang masuk ke sebuah negara, termasuk melihat gerak-gerik penumpang yang mencurigakan.

Petugas Imigrasi (Tribun Travel)

Selain memeriksa dokumen, mereka juga wajib bertanya kepada orang pendatang terkait maksud dan tujuan mereka datang ke negara tersebut, apakah untuk liburan, sekolah atau kuliah, atau memang ada urusan pekerjaan. 

Petugas imigrasi juga memiliki kewenangan untuk melakukan interograsi, pemeriksaan, hingga menggeledah barang-barang yang memang dicurigai membawa barang ilegal, misalnya minuman keras atau narkoba. Tentu para petugas imigrasi tak mau kecolongan dengan bersikap “sok” baik dengan para pendatang.

Makanya untuk menghindari petugas imigrasi marah dengan orang pendatang, perlu diperhatikan beberapa hal. Mulai dari menjaga penampilan. Pakailah pakaian yang pantas dan tidak terlalu menarik perhatian, bisa jadi wajah si petugas imigrasi semakin marah saat melihat penampilan seseorang yang dianggapnya berlebihan atau aneh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"