Imigran Gelap Di Indonesia Ternyata Sangat Banyak, Terutama dari Negara Timur Tengah dan Asia

Imigran Gelap Di Indonesia Ternyata Sangat Banyak, Terutama dari Negara Timur Tengah dan Asia

Tanggal 27 Juli 2012 lalu, tercatat pada laporan investigasi Komisi Nasional Hak Asasi Australia (AHRC). Ada sekitar 180 remaja pria Indonesia Indonesia  yang tersangkut kasus penyelundupan imigran gelap.

Ali Jasmin, salah satu dari remaja pria tersebut tersangkut kasus yang terjadi selama 2008-2011. Ia menjadi anak buah kapal dari beberapa kapal pembawa imigran gelap.

Total ada 55 imigran gelap asal Afganistan yang diselundupkan ke Australia. Oleh karena kasus tersebut, Ali mendapat hukuman 5 tahun penjara.  

# Indonesia Memang Negara Transit yang Disukai

# Indonesia Memang Negara Transit yang Disukai Imigran gelap menggunakan jalur laut untuk melakukan perjalanan (beritakotamakassar.fajar.co.id)


Pada tahun 2017, ada sekitar 1,9 juta orang  terdaftar di Komisioner Tinggi PBB sebagai pengungsi (UNHCR). 36.200 di antaranya berusaha mencari suaka di Australia.

Kebanyakan pencari suaka yang transit di Indonesia berasal dari negara-negara konflik misalnya dari negara timur tengah seperti Afganistan, dan Asia seperti Myanmar, Sri Lanka. 

Selain itu, karena memang Indonesia adalah negara yang dilalui untuk menuju ke Australia, para imigran ini butuh tempat singgah, karena mereka harus menempuh perjalanan panjang yang melelahkan melalui jalur laut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"