Sejak 10 Tahun Lalu PT Kayan Hydro Energy Kembangkan Industri Hijau dan Energi Hijau

Sejak 10 Tahun Lalu PT Kayan Hydro Energy Kembangkan Industri Hijau dan Energi Hijau

Jakarta, - Presiden Joko Widodo tengah fokus mengembangkan Ekonomi Hijau (Green Economy), termasuk di dalamnya kawasan industri hijau (Green Industrial Park). Sejalan dengan langkah Jokowi tersebut PT Kayan Hydro Energy (KHE) telah mengembangkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) diKalimantan Utara sejak tahun 2011.

KHE merupakan inisiator proyek PLTA yang terdiri atas lima Cascade di Sungai Kayan, Kecamatan Long Peso, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Direktur Operasional KHE Khaeroni menjelaskan, pihaknya telah melakukan berbagai hal terkait elektrifikasi untuk kebutuhan industri maupun pelabuhan.“Studi teknis, sosial, ekonomi, budaya, serta sosialisasi dan proses perizinan untuk pembangunan PLTA sudah selesai. Dan, KHE sudah mendapat peringkat 5A3 dariDun & Bradstreet,” jelas Khaeroni.

Terkait ada investor dan perusahaan di luar KHE yang ingin membangun proyek serupa, Khaeroni mengaku tidak tahu. “Soal kabar diluaran saya tidak tahu. Pastinya KHE sudah sejak 2011 atau sepuluh tahun lalu memulainya dan saat ini sudah mendapatkan semua izin, kecuali pe­netapan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH),’’ jelas Khaeroni.

Proses Pembersihan Lahan untuk Pembangunan Fasilitas Umum (Fasum) PT. Kayan Hydro Energy

Proses Pekerjaan

KHE telah melakukan pekerjaan pembuatan jalan dari jalan pemerintah daerah menuju PLTA Kayan Cascade sepanjang 11,2 kilometer. KHE jugatelah melakukan pengiriman peralatan proyek dan pembangunan gudang penyimpanan bahan peledak untuk memudahkan pekerjaan.

Tahun ini KHE menyiapkan infrastruktur penunjang konstruksi pembangunan PLTA Kayan Cascade yang berpotensi menghasilkan daya listrik sebesar 9.000 megawatt. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"