Segini Kisaran Biaya Kuliah Zara, Anak Ridwan Kamil yang Lepas Hijab

Segini Kisaran Biaya Kuliah Zara, Anak Ridwan Kamil yang Lepas Hijab

Camillia Zara anak Ridwan Kamil sedang kuliah di salah satu universitas di Inggris, Newcastle University. Adik mendiang Emmeril Kahn Mumtadz ini tengah viral karea keputusannya untuk melepas hijab dan langsung ditanggapi beragam komentar netizen di sosial media.

Zara tertarik dengan dunia Arsitektur sejak masih SMA dan sempat mendaftarkan diri di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2022. Namun Zara  sempat kuliah di ITB selama setahun atau dua semester sebelum memutuskan untuk pindah ke Inggris untuk melanjutkan kuliah di sana.

Zara kuliah di Newcastle University mengambil program studi Arsitektur. Kampus tempat Zara kuliah cukup terkenal di Inggris. Menurut data Research Excellence Framework, Newcastle University saat ini menjadi universita yang berada di urutan ke-16 di Inggris. Lalu berapa biaya kuliah di sana?

Anak Ridwan Kamil

Melansir dari berbagai sumber rata-rata biaya kuliah di Newcastle University selama setahun berkisar Rp 343 juta hingga Rp 428 juta. Itu untuk biaya kuliahnya saja belum termasuk biaya hidup per mahasiswa per tahun sebesar Rp 163 juta hingga Rp 180 juta, sudah termasuk biaya makan, akomodasi atau tempat tinggal, dan transportasi.

Keputusan Zara kuliah di Inggris sudah mendapat restu dari kedua orangtuanya meskipun sang ibu Atalia Praratya sempat sedih karena harus berpisah dengan anak perempuan satu-satunya. Atalia sempat menemani putrinya selama seminggu ketika baru tiba di Inggris.

Hal itu terlihat dari postingan Atalia di Instagram. Ia menunjukkan foto dan video ketika Zara pamit untuk kuliah di Inggris. Memang Atalia ikut mengantar Zara kuliah di Newcastle, namun hanya sebentar. “Izin mama hiya akan menemani zara di minggu2 pertamanya,” tulis Atalia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"