Sederet Kontroversi Ade Armando yang Ucapannya Bikin Heboh

Sederet Kontroversi Ade Armando yang Ucapannya Bikin Heboh

Penggiat media sosial yang juga seorang politisi Ade Armando terkenal dengan sederet kontroversinya. Kontroversi yang dilakukan oleh Ade bahkan ada yang berujung dengan laporan polisi. Lalu apa saja kontroversi yang pernah dilakukan Ade?

Dinasti Politik di Yogyakarta

Ini kontroversi yang paling baru dilakukan oleh Ade. Caleg dari partai politik ini menyebut bahwa provinsi Yogyakarta melakukan praktik dinasti politik. Hal itu membuat heboh banyak orang khususnya masyarakat di Yogyakarta. Sebab pemerintahaan di Yogyakarta sebagai daerah istimewa memang berbeda dibandingkan provinsi lain dan sudah diatur Undang-Undang.

Hal itu membuat Ade dilaporkan ke polisi. Ade dituding telah menyebarkan ujaran kebencian lewat sosial media atau internet dan melanggar Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Ade sebenarnya sudah meminta maaf atas kesalahan yang dilakukannya. Tapi nasi sudah jadi bubur. Ade pun harus siap menghadapi proses hukum terkait laporan tersebut.

Kontroversi Ade Armando (Republika)

Dugaan Penistaan Agama

Ade Armando juga pernah dipolisikan oleh seorang pria bernama Johan Khan di Polda Metro Jaya. Kala itu terjadi tahun 2016 dimana Ade diduga menistakan agama Islam di Twitter yang kini bernama X. “Allah kan bukan orang Arab. Tentu Allah senang kalau ayat-ayatnya dibaca dengan gaya Minang, Ambon, Cina, Hiphop, Blues,” cuit Ade.

Posting Foto Habib Rizieq

Setahun kemudian pada tahun 2017 Ade diduga menghina Habib Rizieq. Kala itu ia menggunggah foto para ulama termasuk Rizieq yang menggunakan atribut natal. Ade dilaporkan oleh Lembaga Bantuan Hukum Bang Japar dan salah satu murid pengajian Habib Rizieq ke Bareskrim Mabes Polri.

Kritik Soal Azan

Kembali sisi kontroversial Ade terungkap ketika menyebut azan tidak suci. Hal itu membuat sejumlah orang melaporkan ucapannya ke polisi. Unggahan Ade di sosial media dituding menistakan agama islam. “Azan tidak suci, azan itu cuma panggilan salat. Sering tidak merdu. Jadi, biasa-biasa sajalah,” tulisnya kala itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"