Salah Jurusan? Santai Keles, Lakukan Aja Hal-hal Ini

Salah Jurusan? Santai Keles, Lakukan Aja Hal-hal Ini

Buat yang kuliah, nggak kerasa ya kalian sebentar lagi udah masuk kuliah nih. Status kalian bakal jadi mahasiswa sekarang.

Tapi mumpung masih awal masuk kuliah, sebenernya kalian udah mantep belom sih untuk masuk ke jurusan yang terima kalian sekarang? Misalnya gini, jika selama ini kalian pengen banget masuk jurusan sastra, eh, kalian malah diterimanya di teknik. Sakingnya nggak ada tuh jurusan teknik jepang, atau sastra mesin.

Jika kamu merasa salah jurusan sekarang, santai aja. Sebab, kita punya beberapa tips yang perlu kamu lakukan ketika salah ambil jurusan kuliah.

Coba ikutin kuliah-kuliah tempat saat ini kalian berkuliah meskipun ngerasa salah jurusan. [educationusa.be]

1. Jangan panik sih, santai

Sebuah studi tentang perkuliahan di AS menyebutkan bahwa sekitar 60-70 persen mahasiswa di AS salah jurusan. Tapi mereka menyarankan agar kita tak perlu meresahkan ini. Kalian cuma perlu menyesuaikan diri saja dengan lingkungan baru kalian. Sebab, banyak orang sukses yang justru berawal dari salah ambil jurusan.

2. Asah terus skill kalian

Kalo ternyata kamu bener-bener ngerasa salah ambil jurusan, udah deh, kamu harus berdamai dengan diri sendiri dulu. Kamu nggak bisa maksa, soalnya belom tentu kamu diterima pada ujian masuk selanjutnya. Tapi kalo emang ngebet banget, ya usaha aja terus!

Sebaliknya, kamu justru punya peluang besar untuk mempelajari skill yang kamu dapat setelah kamu tau kalo salah masuk jurusan. Cari keterkaitan di antara kedua jurusan. Antara jurusan tempat kuliahmu sekarang, dan jurusan yang sebenernya kamu impikan.

3. Gabung aja sama komunitas di kampus

Kamu pengen kuliah di jurusan seni tapi ngambil jurusan hukum? Nggak papa, nyantai aja keles. Kamu cuma perlu tenang dan cari peluang lain. Persisnya, cari aja komunitas kampus yang bergerak di bidang seni. Dengan bergabung, kamu bisa ngeliat seberapa jauh kemampuan kamu meski tidak mengambil jurusan yang kamu inginkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"