Perbedaan Agama Samawi dan Ardhi, Yuk Ketahui Sama-Sama!

Perbedaan Agama Samawi dan Ardhi, Yuk Ketahui Sama-Sama!

Taukah kalian perbedaan agama samawi dan agama ardhi? Mungkin kalin pernah mempelajarinya di sekolah. Nah, biar makin paham di sini akan dijelaskan juga secara singkat apa saja perbedaan agama wamawi dan ardi.

agama di Indonesia (erwinedwar.com)

Agama Samawi

Pertama-tama kita akan membahas agama samawi dulu. Agama samawi yaitu agama yang diturunkan dari Allah SWT. Nah, agama samawi itu nggak diciptakan sama manusia lewat perenungan. 

Melainkan, agama ini merupakan dari Tuhan yang diturunkan lewat wahyu pada utusan Tuhan. Biasanya agama samawi punya kitab suci yang dianggap berasal dari Tuhan.

Lalu, agama samawi mempunyai nabi atau rasul yang tugasnya menyampaikan wahyu. Nabi-nabi inilah yang menyebarkan wahyu atau ajaran agamanya.

agama di dunia (eramuslim.com)

Selain itu, konsep ketuhanan dalam agama samawi adalah monotheisme mutlak atau tauhid. Di agama samawi, Tuhan hanya ada satu, bukan dua atau tiga. Agama yang dianggap sebagai agama samawi ialah Agama Islam, Kristen, dan Yahudi.

Agama Ardhi

Lalu, gimana dengan agama ardhi? Agama ardhi adalah agama yang berkembang berdasarkan budaya, daerah, dan pemikiran seseorang yang lalu diterima di masyarakat. Agama ardhi ini jelas punya perbedaan dengan agama samawi.

Pertama-tama, agama ardhi nggak punya kitab suci yang berasal dari Tuhan. Intinya, agama ini nggak berlandaskan pada wahyu.

Biasanya agama ardhi dibuat oleh tokoh agama. Lalu, nggak ada nabi sebagai penjelas agama atau menyampaikan wahyu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"