Macam-Macam Agama Ardhi, Agama Langit

Macam-Macam Agama Ardhi, Agama Langit

Di dunia ini ada dua jenis agama yang dibedakan berdasarkan sumbernya. Ada agama langit atau agama samawi yang bersumber dari wahyu. Makannya disebut dengan agama langit. Wahyu berasal dari langit. Kedua ada agama yang tidak berdasarkan pada wahyu. Disebut dengan agama bumi atau agama ardhi. Agama bumi ini seringnya penuh kontroversi dan sulit disebut agama. Biasanya hanya disebut dengan sekte, ajaran, atau aliran kepercayaan.

Agama samawi itu ada tiga, yaitu : agama yahudi yang disampaikan oleh Nabi Musa as, agama Nasrani yang disampaikan oleh Nabi Isa, dan agama Islam disampaikan oleh Nabi Muhammad saw.

Agama Hindu (entitymag.com)

Agama Ardhi berkembang berdasarkan budaya, daerah, pemikiran seseorang yang kemudian diterima secara global. Serta tidak memiliki kitab suci dan bukan berlandaskan wahyu. Agama ini berdasarkan ajaran dari seseorang.

Ciri-ciri Agama Ardhi ,yaitu :

1. Tidak memiliki nabi

2. Tidak memiliki kitab suci

3. Berasal dari daerah dan kepercayaan masyarakat

4. Ajarannya dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan akal pikiran penganutnya

Macam-macam agama ardhi yang dibawa oleh manusia adalah:

1. Hindu

Agama Hindu termasuk lima besar agama di Indonesia. Sudah ada sebelum masuk agama Islam. Kitab suci agama ardhi ini adalah Weda. Kitab suci umat Hindu ini disusun oleh seorang Maharesi dari kaum brahma krishna Dwaipayana Wyana bersama-sama muridnya.

2. Budha

Agama ardhi Budha (bbc.co.uk)

Agama Budha juga termasuk macam-macam agama ardhi di Indonesia. Sumber ajaran agama ardhi Budha ini berasal dari kitab Tripitaka. Setiap umat Buddha berpegang teguh kepada Tripitaka sebagai rujukan utama karena dalamnya tercatat ucapan dan ajaran sang hyang Buddha Gautama.

3. Konghuchu

Ajaran Konghuchu berasal dari kitab agama Sishu wujing. Kitab ini disusun oleh Kong Hu Cu. Ia dilahirkan pada tahun 551 SM. Agama Konghucu dianut oleh sebagian masyarakat Tionghoa (China). Penganut macam-macam agama ardhi Konghuchu ini juga banyak di Indonesia.

4. Zoroaster



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"