Pasien Rumah Sakit Jiwa Mayoritas Kaum Pria, Kenapa Laki-laki Banyak Idap Gangguan Jiwa?

Pasien Rumah Sakit Jiwa Mayoritas Kaum Pria, Kenapa Laki-laki Banyak Idap Gangguan Jiwa?

Rumah Sakit Jiwa  atau RSJ banyak merawat pasien yang mengidap gangguan jiwa  atau biasa disebut ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). Mayoritas pasien RSJ merupakan kaum pria yang menjalani perawatan di RSJ. Lalu kenapa pria banyak yang idap gangguan jiwa?

Menurut beberapa penelitian, pria secara sosial dianggap lebih sulit untuk mengekspresikan ketika menghadapi masalah atau alami stres. Jika banyak wanita memilih menangis saat sedang stres, kaum pria biasanya hanya diam dan memendam masalah.

Alhasil membuat banyak pria yang memiliki tingkat kerentanan alami gangguan jiwa yang presentasenya jauh lebih tinggi dibandingkan kaum wanita. Pria sebagai tulang punggung keluarga dan menjadi kepala keluarga rentan menghadapi masalah.

Pasien Rumah Sakit Jiwa yang Idap Gangguan Jiwa (Merdeka.com)

Faktor penyebab stres bermacam-macam. Jika terlambat diatasi maka tingkat stres akan bertambah dan menyebabkan masalah kesehatan hingga memicu menurunnya imunitas tubuh.

Beban hidup yang besar menjadi salah satu faktor pria menjadi stres. Beragam cara dilakukan untuk mengurangi tingkat depresi kaum pria, misalnya dengan mengekspresikan kondisi psikologi seperti yang dilakukan wanita, misalnya menangis atau bercerita pada sahabat atau keluarga untuk mendapatkan solusi. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"