Para Pensiunan Jenderal TNI Ini Putuskan Jadi Pengusaha, Bisnisnya Moncer dan Makin Kaya Raya

Para Pensiunan Jenderal TNI Ini Putuskan Jadi Pengusaha, Bisnisnya Moncer dan Makin Kaya Raya

Meskipun sudah puluhan tahun pensiun dari dunia militer, para purnawirawan Jenderal TNI  ini tetap menunjukan tajinya. Selain sukses dalam dunia politik, para pensiunan Jendral TNI ini juga dikenal sebagai pengusaha. 

Sebut saja nama-sama seperti Prabowo Subianto, Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Djoko Suyanto yang sudah malang melintang dalam dunia bisnis. Mereka bisa memberikan inspirasi meski sudah pensiun namun tetap berkarya. 

1. Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan memiliki karir yang cukup mentereng di TNI Angkatan Darat. Terakhir jabatan yang diemban pria berdarah Batak ini menjadi Komandan Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat. Setelah pensiun ia memang sempat menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan dan Duta Besar Indonesia di Singapura.

Dilansir dari Merdeka, Luhut pada 2004 mulai membangun perusahaan dalam bidang energi dengan mendirikan PT Toba Sejahtera Group yang juga bergerak dalam sektor pertambangan batu bara dan minyak serta gas, lalu perkebunan dan kelistrikan. Saat ini Luhut menjabat sebagai Menteri Kordinator Kemaritiman dan Investasi.

Pensiunan Jendral TNI Sukses Jadi Pengusaha (Pinter Politik)

2. Prabowo Subianto

Harta yang dimiliki Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan mencapai hampir Rp 2 triliun. Selain menjadi Menteri dan Ketua Umum Partai politik besar di Indonesia, Prabowo sempat membangun perusahaan salah satunya pabrik kertas yang berada di Kalimantan Timur. 

Selain perusahaan dalam bidang kertas, Prabowo juga memiliki beberapa perusahaan dalam bidang lain seperti perkebunan, tambang, batu bara, dan kelapa sawit. Memang beberapa perusahaan Prabowo ada yang merupakan perusahaan keluarga yang dikelola bersama sang adik, Hasyim Djojohadikusumo.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"