Oh Ternyata Ini Penyebab Sopir Truk Suka Jalan Beriringan di Jalanan

Oh Ternyata Ini Penyebab Sopir Truk Suka Jalan Beriringan di Jalanan

Kamu pasti pernah lihat ketika beberapa truk sedang berjalan beriringan di jalan tol atau jalan biasa. Mungkin pengendara lain bakal berpikir sopir truk itu saling mengenal satu sama lain atau memiliki tujuan yang sama. Tapi belum tentu juga karena  jalan beriringan adalah strategi dari sopir truk lho.

Memang kadang pengendara lain akan sulit untuk menyalip truk karena jalan beriringan dalam sebuah jalur di tol. Sopir truk sengaja jalan beriringan di jalanan karena melakukan platooning. Platooning memiliki manfaat bagi sopir dan truk yang dia kendarai.

Plootonig mengatur aerodinamika yang bisa menghemat bahan bakar untuk truk yang berad di belakang truk leader atau truk yang berjalan paling depan. Jadi arus angin bisa diteruskan tanpa harus menabrak bagian depan truk jika truk itu tidak baik dalam mengantisipasi aerodinamika.

Truk Berjalan Beriringan (KASKUS)

Sebenarnya truk di beberapa negara di Eropa sudah lebih modern. Dilansir dari GridOto, truk-truk keluaran Eropa terbaru sudah memiliki kelengkapan teknologi terkait teknik platooning. Jadi sensor truk akan berfungsi sangat baik ketika truk jalan beriringan.

Sensor tersebut bisa mendeteksi seberapa jauh adanya jarak antara truk yang satu dengan truk yang lain. Jika dianggap terlalu dekat maka jarak bisa diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi yang namanya kecelakaan beruntun.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"