5 Jalan Tol di Indonesia dengan Pendapatan Paling Besar

5 Jalan Tol di Indonesia dengan Pendapatan Paling Besar

Semenjak kepemimpinan Presiden Joko Widodo banyak jalan tol di Indonesia yang diresmikan. Mayoritas ada di Pulau Jawa dan sisanya di Pulau Sumatera. Dari banyak jalan tol di Indonesia ada beberapa jalan tol yang memiliki pendapatan paling besar karena banyak dilewati oleh kendaraan. Mana saja jalan tol tersebut?

Jalan Tol Cipali

Jalan tol dengan pendapatan terbesar di Indonesia adalah jalan tol Cipali. Jalan tol ini menghubungkan daerah Cikampek menuju Palimanan. Namun akses menuju beberapa daerah di Jawa Barat bisa terhubung dengan melewati jalan tol ini, seperti Subang, Majalengka, dan beberapa daerah lain.

Jalan tol Cipali adalah rute penting yang dilewati semua kendaraan dari Jakarta menuju daerah di Jawa Tengah hingga Jawa Timur atau sebaliknya. Melansir dari bisnis.com, jalan tol Cipali pada tahun 2022 lalu mendapatkan pendapatan sebesar Rp 1,7 triliun.

Jalan Tol di Indonesia (Bisnis.com)

Jalan Tol Dalam Kota

Kemudian jalan tol dengan pendapatan terbesar di Indonesia setelah Cipali adalah jalan tol dalam kota. Jalan tol ini berada di pusat kota Jakarta yang menghubungkan wilayah di Jakarta, mulai dari Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur. Jalan tol ini memiliki pendapatan sekitar Rp 883 miliar.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Sebelum ada jalan tol Cipali dan Cipularang, jalan tol Jakarta-Cikampek menjadi jalan tol yang cukup sibuk pada tahun 1990-an hingga pertengahan 2000-an. Memang jalan tol ini memiliki peran penting untuk menghubungkan wilayah Jakarta hingga beberapa daerah seperti Bekasi, Karawang, hingga Cikarang. Jalan tol ini memiliki pendapatan sekitar Rp 674 miliar.

Jalan Tol Tangerang – Merak

Jalan tol ini cukup vital karena menjadi akses menuju Pelabuhan Merak dari Jakarta. Apalagi pada masa liburan Lebaran atau Natal hingga Tahun Baru banyak orang yang berlibur menggunakan transportasi laut pasti melewati jalan tol ini. Jalan tol ini mendapat pendapatan sekitar Rp 624 miliar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"