Nikah Beda Agama Nggak Bisa Dilakukan di Indonesia, Bener Nggak, Sih?

Nikah Beda Agama Nggak Bisa Dilakukan di Indonesia, Bener Nggak, Sih?

Pernikahan beda agama masih menjadi salah satu isu yang hangat dan penting untuk diperbincangkan di Indonesia. Terutama bagi pasangan muda-mudi yang berpacaran dengan pujaaan hatinya yang berbeda agama pula. 

Hal ini disebabkan oleh adanya anggapan bahwa mereka nggak akan mungkin bisa menikah (dengan resmi) di Indonesia. Bener nggak, sih gengs?

Ilustrasi Pernikahan (Kompasiana.com)

Memang, setiap agama sudah punya aturan sendiri-sendiri soal pernikahan. Misalnya dalam agama Islam, ada yang melarang pernikahan beda agama, namun ada juga yang membolehkan laki-laki Islam menikahi perempuan dari agama ahlul kitab. Selain itu, ada juga yang memperbolehkan pernikahan beda agama.

Achmad Nurcholis, aktivis dari Indonesian Conference of Religion and Peace (ICRP) menyebut UU Perkawinan No.1 Tahun 1974 menunjukkan pernikahan beda agama nggak dilarang kok.

“Yang disesuaikan hanya pelaksanaan pernikahan sesuai hukum agamanya masing-masing,” tegas Achmad.

Meski Achmad bersikukuh pernikahan beda agama legal secara aturan di Indonesia, dia menyebut fakta di lapangannya memang lebih sulit. 

Namun, jika kedua keluarga pasangan sudah berkompromi, pernikahan bisa dilakukan dengan dua cara agama sekaligus. Sebagai contoh, ada yang lewat akad Islam dan pemberkatan sebagaimana di agama Kristen.

Selain itu, ternyata nggak semua Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mau mengurus pasangan pernikahan beda agama, loh gengs. Hal ini disebabkan oleh banyaknya petugas yang hanya tahu kalau pernikahan beda agama itu dilarang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"