Nggak Cuma Orang Jawa dan Orang Sunda, Ternyata Ada Juga Mitos Larangan Nikah untuk Suku Lain di Indonesia

Nggak Cuma Orang Jawa dan Orang Sunda, Ternyata Ada Juga Mitos Larangan Nikah untuk Suku Lain di Indonesia

Di Indonesia memiliki beberapa mitos pernikahan yang melarang suku satu menikah dengan suku lain, contohnya orang Jawa  dengan orang Sunda  dilarang menikah karena dipercaya rumah tangga akan berantakan jika dipaksakan.

Seperti Diketahui bahwa mitos larangan pernikahan orang Jawa dengan orang Sunda akibat dari kisah masa lalu saat zaman kerajaan dulu. Nah ternyata nggak hanya orang Jawa dengan orang Sunda yang dilarang menikah.

Masih ada beberapa suku lain di Indonesia yang memiliki larangan khusus, misalnya orang Batak dan Jawa lalu ada larangan menikah orang Minang dengan orang Sunda. Berikut ulasannya.

Ilustrasi Orang Batak Menikah dengan Orang Jawa (IDN Times)

Dilansir dari Opini Stories, orang Batak dilarang menikah dengan orang Jawa karena kedua suku itu disebut tidak cocok jika dipersatukan dalam sebuah pernikahan. Hal ini tidak ada kaitannya dengan cerita masa lalu seperti orang Jawa dengan orang Sunda.

Justru faktor kepribadian menjadi hal utama, orang Batak memiliki karakter yang keras dan orang Jawa penurut atau halus. Sehingga dikhawatirkan akan ada salah satu pihak yang akan dominan dalam mengatur rumah tangga.

Antorpolog dari Forum Kajian Antorpologi Indonesia, Notty J.Mahdi mengatakan bahwa adat istiadat orang Jawa dengan orang Batak berbeda karena jika pria Batak menikah dengan perempuan bukan orang Batak atau orang Jawa harus diadakan pesta besar pemberian marga, agar istri itu memiliki peran dalam adat istiadat marga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"