5 Kebiasaan Orang Sunda yang Unik dan Jarang Diketahui

5 Kebiasaan Orang Sunda yang Unik dan Jarang Diketahui

Setiap suku di Indonesia memiliki kebiasaan yang unik, begitu juga dengan orang Sunda. Suku asal Jawa Barat ini sudah terkenal dengan keunikan yang berbeda dibandingkan suku lain di Indonesia. Kira-kira apa saja kebiasaan orang Sunda itu ya? Yuk disimak sama-sama. 

Tidak Suka Merantau

Merantau adalah kebiasaan yang banyak dilakukan orang-orang yang berasal dari luar pulau Jawa untuk bekerja dan tinggal di Jakarta. Namun berbeda dengan orang Sunda. Orang Sunda kabarnya tidak suka merantau dan memilih untuk bertahan di kampung halamannya untuk menjalani hidup.

Ada yang menyebut kebiasaan ini karena menganggap Jawa Barat ada di pulau Jawa sehingga untuk apa orang Sunda merantau karena sudah ada di Jawa, tujuan orang merantau yang berasal dari luar Jawa. Tetapi tidak sedikit kok orang Sunda yang akhirnya merantau ke kota-kota besar, sebut saja Jakarta untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Kebiasaan Orang Sunda (Okezone Travel)

Hobi Makan Lalapan

Kebiasaan orang Sunda selanjutnya soal makanan. Ternyata orang Sunda sangat suka makan lalapan karena lalapan menurut mereka membuat cita rasa makanan tambah enak. Lalapan juga disebut bisa menambah nafsu makan. Pernah datang ke restoran Sunda kan? Di sana banyak sekali jenis lalapan.

Orang Sunda suka lalapan ada hubungannya dengan banyak sayuran yang tumbuh di Jawa Barat. Letak geografis yang dikelilingi gunung dan pegunungan menjadikan tanah di Jawa arat sangat subur. Sayur mayur sebagai bahan lalapan sangat tumbuh dengan baik.

Makan Ramai-ramai

Kebiasaan berikutnya masih ada hubungannya dengan makanan. Tapi kali ini soal cara makan orang Sunda. Orang Sunda sangat suka makan bersama-sama keluarga dan kerabat lainnya yang disebut dengan istilah botram. Botram adalah makan beramai-ramai duduk di lesehan atau lantai dengan menyantap makanan di atas daun pisang. Sekilas mirip dengan makan liwetan bersama-sama.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"