Nggak Cuma Indonesia, Penduduk-penduduk Negara Ini Lakukan Tradisi Mudik

Nggak Cuma Indonesia, Penduduk-penduduk Negara Ini Lakukan Tradisi Mudik

Mudik  adalah tradisi tahunan yang dilakukan penduduk Indonesia. Mudik Lebaran menggunakan beragam transportasi publik dan kendaraan pribadi. Ternyata mudik tidak hanya dilakukan di Indonesia saja karena perjalanan pulang ke kampung halaman juga sering terjadi di luar negeri.

Mudik di negara-negara tersebut dilakukan menjelang Lebaran atau momen penting lainnya. Mereka melakukan perjalanan ke rumah orangtua di hari-hari besar atau libur nasional. Berikut 5 negara yang memiliki tradisi mudik.

1.    Malaysia

Jika di Indonesia disebut mudik di Malaysia dikenal dengan nama balik kampung. Balik kampung dilakukan para perantau yang mengadu nasib di kota-kota besar lalu pulang ke rumah orangtuanya di kampung halaman. Saat Idul Fitri. penduduk Malaysia yang melakukan balik kampung menggunakan transportasi umum.

Nggak Cuma Indonesia, Penduduk-penduduk Negara Ini Lakukan Tradisi Mudik (Tirto.id)

2.    Turki

Turki adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Menjelang Idul Fitri banyak penduduk Turki yang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga besar. Mereka menggunakan pakaian yang baru dibeli supaya silaturahmi semakin percaya diri.

3.    India

Pernah lihat video atau foto orang India memenuhi kereta api? Hal itu biasanya dilakukan penduduk India yang ingin pulang ke kampung halaman. Meski di India ada penduduk yang beragama Islam, namun di India banyak orang pulang kampung ketika momen perayaan hari Diwali atau perayaan khusus untuk umat Hindu.

4.    Arab Saudi

Sebagai negara dengan penduduk Islam yang cukup banyak, Arab Saudi juga mengenal istilah pulang kampung. Biasanya jelang Idul Fitri, penduduk Arab Saudi berkumpul di rumah orangtua. Saat melakukan silaturahmi bersama keluarga, mereka juga membuat acara khusus seperti pagelaran seni agar suasana makin semarak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"