Mitos Tidur Setelah Makan Bikin Gendut Patah Sudah Berkat Penelitian Terbaru

Mitos Tidur Setelah Makan Bikin Gendut Patah Sudah Berkat Penelitian Terbaru

Selama ini kita tau, atau mungkin sering diingatkan, jangan langsung tidur setelah makan. Nanti ... nanti gendut loh! Ada juga yang bilang, kita perlu ngasih jarak waktu antara waktu makan dan waktu tidur. Kira-kira dua jam lah.

Hmm, peringatan itu emang baik sih gengs. Mending kita mengerjakan sesuatu lah gitu ketimbang langsung tidur setelah makan.

Rawan banget tidur nih posisi kek begini~ (istockphoto.com)

Tapi baru-baru ini ada sebuah temuan menarik dari hasil penelitian terbaru. Penelitian itu menyebutkan bahwa sebenernya kita gak perlu ambil jarak waktu untuk tidur setelah kita makan. Makan malam misalnya. 

W-O-W!

Penelitian itu mengungkap, sebagaimana dilansir dari Her, kebiasaan tidur setelah makan malam sebetulnya gak banyak berpengaruh terhadap kesehatan kita.

Penelitian itu dikerjakan di Universitas Okayama, Jepang. Mitos tidur setelah makan bikin gendut patah sudah! Jadi, tidur setelah makan malam ternyata tidak memicu peningkatan kadar gula darah, alias HbA1c.

Yah, ketiduran doi~ (lifealth.com)

Demi membuktikannya, penelitian itu merekrut sekitar 1.500-an orang dalam usia paruh baya yang tidak memiliki masalah kesehatan. Para peneliti kemudian melihat pola makan orang-orang tersebut dalam periode dua tahun.

Mereka memperhatikan berat badan, kecepatan makan, hingga kegiatan fisik yang partisipan lakukan. Termasuk memperhatikan pula bahwa mereka merokok atau tidak.

Semua partisipan dalam penlitian tersebut juga tidur kurang dari dua jam setelah makan. Setelah melihat hasilnya, peneliti menemukan bahwa hampir tidak ada, atau setidaknya hanya sedikit saja perbedaan pada tingkat gula darah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"