Miss World 2021 Diundur, Sama Nggak Sih dengan Miss Universe? Ini Jawabannya

Miss World 2021 Diundur, Sama Nggak Sih dengan Miss Universe? Ini Jawabannya

Ajang alias kontes kecantikan di dunia memang ada banyak sehingga kadang orang tertukar mengidentifikasikan. Saat Miss Morld 2021 diumumkan diundur, banyak yang merasa bingung membedakannya dengan Miss Universe. Kedua ajang tersebut sama-sama besar dan dikenal luas, tapi masih sering tertukar pengertiannya. Sebenarnya, apa sih perbedaan ajang Miss World dan Miss Universe? 

Yuk, simak penjelasannya!

Miss World

Kontes ini pertama kali dilakukan oleh sebuah organisasi yang bernama Organisasi Miss World pada tahun 1951. Organisasi itu didirikan oleh Erick Morley yang berasal dari Inggris. Mulanya, kontes ini merupakan bagian dari acara Festival of Britain. Namun, karena memiliki banyak peminat, pers memberi julukan Miss World pada kontes tersebut. Julukan itu kemudian didaftarkan Erick Morley sebagai nama resmi acaranya dan diadakan rutin setiap tahun.  

Tujuan kontes Miss World bukan hanya mencari dan mengumpulkan wanita cantik dari seluruh dunia. Kecantikan dari luar wanita tersebut apakah disertai dengan tujuan yang baik dan ketulusan hati di dalam diri. Hal itulah yang dicari dalam kontes ini. Karena itu, tag line acara ini adalah "Beauty with A Purpose".

Demi mencapai tujuan itu, peserta kontes ini harus menyusun sebuah proyek sosial yang dapat memberi manfaat pada masyarakat di masing-masing Negara mereka. Aturan ini mulai diberlakukan pada tahun 1972. Pada malam final pemilihan Miss World, akan dipilih satu kontestan sebagai Beauty with A Purpose Winner.

Miss World (Quora)

Miss Universe

Ajang kontes kecantikan ini berusia satu tahun lebih muda dari Miss World. Miss Universe mulai diselenggarakan sejak tahun 1952. Penyelenggara kontes ini adalah sebuah perusahaan pakaian di California yang bernama Pacific Knitting Mills.

Setelah 44 tahun diadakan di bawah naungan Pacific Knitting Mills, terjadi perubahan kepemilikan penyelenggara. Donald Trump menjadi pemimpin baru Miss Universe Organization pada tahun 1996. Perubahan yang dilakukan Donald Trump salah satunya adalah memindahkan pusat Miss Universe dari California ke New York City. Namun, pada tahun 2015, kepemimpinan Donald Trump berakhir karena ia terjun ke dunia politik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"