Menyikat Gigi Saat Puasa Bikin Batal Gak Ya?

Menyikat Gigi Saat Puasa Bikin Batal Gak Ya?

Tidak terasa akhirnya para muslim kembali menjalankan ibadah puasa tahun ini. Sebagai rukun Islam yang keempat, puasa merupakan amalan yang wajib untuk dilakukan oleh seluruh umat muslim. Dan saat berpuasa, tentu saja ada beberapa syarat maupun larangan yang mesti kamu hindari nih.

Tetapi, ada saja beberapa orang yang masih berdebat soal menggosok gigi saat berpuasa. Kira-kira bakal bikin batal nggak ya? Nah, biar nggak bingung, yuk simak langsung ulasan lengkapnya berikut ini.

Hukum menyikat gigi saat berpuasa (cnnindonesia.com)

Pengasuh Pondok Pesantren Annur 1 Bululawang Malang, Jawa Timur, KH Ahmad Fahrur Rozi mengatakan hal-hal yang bikin puasa batal adalah ketika memasukkan atau menelan sesuatu ke dalam tenggorokan. 

Selain itu, ada pula sebuah hadis yang diriwayatkan Abdullah bin 'Abbas yang mengatakan: 

"Tidak mengapa seseorang mencicipi kuah makanan atau suatu makanan, selama tidak sampai tertelan ke tenggorokan, saat ia berpuasa," (HR. Ibnu Abi Syaibah dan Baihaqi).

Berangkat dari dalil tersebut, kata Gus Fahrur, menyikat atau menggosok gigi saat berpuasa tidak membatalkan puasa apabila dilakukan secara hati-hati, baik dari pasta gigi maupun air yang digunakan saat menyikat gigi. Keduanya tak boleh tertelan agar puasa tidak batal. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"