Mengenang Pesawat Ulang-alik Challenger Meledak Saat Diluncurkan, Padahal Ditonton Masyarakat

Mengenang Pesawat Ulang-alik Challenger Meledak Saat Diluncurkan, Padahal Ditonton Masyarakat

Pesawat ulang-alik Challenger

Tanggal 28 Januari 1986 jadi kenangan tragedi kecelakaan pesawat ulang alik yang nggak terlupakan. Pesawat ulang alik ini meledak dengan nggak terduga gengs.

Pertama-tama kita pahami dulu apa itu pesawat ulang alik. Pesawat ulang alik adalah pesawat ruang angkasa yang bisa digunakan kembali ke bumi. Nah, The Challenger ini adalah pesawat ulang alik berawak yang pertama diluncurkan.

astronot Challenger (thehill.com)

Pesawat ini diluncurkan dengan bantuan roket pendorong yang bakal terlepas selama penerbangan. Lalu, seharusnya saat berada di orbit, astronot dan ilmuwan di pesawat bakalan bereksperimen, meluncurkan satelit, dan berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Challenger Sebelum Meledak

Sebelum akhirnya meledak, pesawat ulang alik Challenger sebenernya udah terbang secara sukses dengan misi yang dimulai dari tahun 1983. Kebanyakan misinya dilakukan selama 1 minggu.

Challenger yang meledak (winknews.com)

Udah ada 9 misi penerbangan yang berhasil. Wanita pertama yang jadi astronot waktu itu ialah Sally Ride. 

Saat Peluncuran

Setelah banyak waktu yang tertunda, The Challenger diluncurkan di pagi hari pada 28 Januari 1986. Waktu itu sebenernya cuaca sangat dingin. Bahkan wilayah di sekitar lokasi peluncuran tertutup oleh es. 

Akhirnya pada pukul 11, NASA baru memutuskan kalo es udah mencair dan The Challenger bakal diluncurin dari Cpae Canaveral, Florida.

Awalnya, semuanya baik-baik aja. Tapi, pada 59800 ribu kaki ada hal yang mengganjal. The Challenger meledak di detik ke 73. 

Bencana ini setelah diselidiki ternyata penyebabnya ialah 'O-ring' pada pendorong roket gagal bekerja karena suhu yang terlalu dingin. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"