Kisah 4 Anak Bertahan Hidup di Hutan Amazon Selama 40 Hari Setelah Alami Kecelakaan Pesawat

Kisah 4 Anak Bertahan Hidup di Hutan Amazon Selama 40 Hari Setelah Alami Kecelakaan Pesawat

Siapa sangka, makan tepung singkong membantu menyelamatkan nyawa empat anak yang ditemukan hidup di hutan Amazon lebih dari sebulan setelah pesawat mereka jatuh.

Anak-anak itu makan “tiga kilogram (enam pon) farina,” tepung singkong kasar yang biasa digunakan oleh suku asli di wilayah Amazon, kata juru bicara Pedro Arnulfo Sánchez Suárez.

“Beberapa hari setelah kecelakaan itu, mereka memakan farina yang mereka bawa ke sana… tetapi mereka (akhirnya) kehabisan makanan dan memutuskan untuk mencari tempat di mana mereka bisa bertahan hidup,” kata Suárez.

"Mereka kekurangan gizi tetapi sepenuhnya sadar ketika kami menemukan mereka," tambahnya.

“Asal-usul asli mereka memungkinkan mereka memperoleh kekebalan tertentu terhadap penyakit di hutan dan memiliki pengetahuan tentang hutan itu sendiri – mengetahui apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan – serta menemukan air yang membuat mereka tetap hidup – yang tidak mungkin terjadi ( jika mereka) tidak terbiasa dengan jenis lingkungan yang tidak bersahabat itu.”

4 anak yang berhasil selamat berserta tim SAR (viva.co.id)

Keempat anak tersebut – Lesly Jacobombaire Mucutuy berusia 13 tahun, Soleiny Jacobombaire Mucutuy berusia 9 tahun, Tien Ranoque Mucutuy berusia 4 tahun, dan bayi Cristin Ranoque Mucutuy – saat ini dalam pemulihan di sebuah rumah sakit di ibu kota Kolombia, Bogota, setelah dibawa di sana dengan ambulans udara yang diterbangkan oleh Angkatan Udara Kolombia pada hari Sabtu, kata para pejabat.

Laporan medis mengatakan mereka mengalami dehidrasi dan masih "tidak bisa makan" - tetapi sehat dan terhindar dari bahaya. 

“Yang diperlukan sekarang adalah menstabilkan (kesehatan mereka),” kata Menteri Pertahanan Kolombia Ivan Velasquez kepada wartawan yang berkumpul di luar rumah sakit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"