Mengenal Sandwich Generation, Kelompok Orang yang Menafkahi Banyak Orang di Keluarga

Mengenal Sandwich Generation, Kelompok Orang yang Menafkahi Banyak Orang di Keluarga

Sandwich generation  memang masih belum banyak yang mengetahui. Kelompok orang ini biasanya beberapa orang yang bekerja karena harus memberikan nafkah untuk beberapa orang dalam keluarganya, misalnya orangtua dan saudara lainnya.

Padahal sebagai seorang sandwich generation, biasanya dia juga harus memikirkan untuk membiayai hidupnya selain keluarga. Menjadi orang dalam kelompok ini tidaklah mudah karena kadang bisa memicu stres.

Bisa jadi cepat stress karena orang itu harus memikirkan kehidupan banyak orang dalam keluarga, sementara mungkin pendapatan yang ia terima setiap bulannya hanya cukup untuk dirinya saja atau tidak bisa menafkahi semua orag di keluarganya.

Ilustrasi Snadwich Generation (Solopos)

Sebenarnya beberapa tips bisa dilakukan untuk sandwich generation dalam hal mengatur keuangan agar bisa menjalani tanggung jawabnya dengan baik dan lancar. Misalnya cara pertama yang dilakukan dengan melakukan komunikasi.

Komunikasi bisa dilakukan dengan terang-terangan menceritakan kondisi penghasilannya setiap bulan yang mungkin akan berat jika harus dibagi kepada banyak kepala dalam keluarga. Jika saling terbuka tentu anggota keluarga lain akan saling memahami.

Cara kedua yang bisa dilakukan dengan cara membagi tiap pos pengeluaran. Setiap dapat uang, kamu langsung membagi pos-pos pengeluaran misa; untuk biaya makan, biaya transportasi, cicilan, tabungan, dan sisanya untuk biaya nafkah keluarga yang lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"