Menentukan Judul Skripsi? Ini Bagian Penting yang Bikin Rumit, Perhatiin Ya!

Menentukan Judul Skripsi? Ini Bagian Penting yang Bikin Rumit, Perhatiin Ya!

Mahasiswa tingkat akhir seringkali bingung sendiri saat menentukan judul skripsi. Bingung milih objek material, objek formal, landasan teori, rumusan masalah, siapa pembimbingnya dan ratusan pertanyaan lain yang harus segera dijawab. Tenang, please!

Langkah pertama untuk menentukan judul skripsi, mau nggak mau kamu mesti melihat kembali catatan yang usang. Catatan kuliah dari awal kamu masuk hingga sekarang kamu akan menyusun tugas akhir. Kalo nggak pernah nyatet berarti kamu bisa meminjam catatan temenmu. 

Langkah pertama ini hanya salah satu opsi yang memudahkanmu menentukan judul skripsi. Kalo ada yang mudah, mengapa nyari yang sulit?

Langkah kedua dalam menentukan judul skripsi, kamu harus up to date sama bidang keilmuan yang kamu tekuni. Nggak mau kan harus ngulang-ngulang nyusun judul karena topik yang kamu angkat udah jaman baheula?

Cara kedua ini bisa dengan memanfaatkan wifi gratisan di kampus. Bahkan beberapa kampus menggratiskan download jurnal ilmiah dari dalam dan luar negri. Jadi, wifi grati di kampus nggak cuma buat download lagi dan film aja ya... Hehe.

Membuka-buka buku (timeshighereducation.com)

Langkah ketika adalah membulatkan tekad dalam menentukan judul skripsi. Kalo kamu BM -banyak maunya- artinya kamu mesti cerdik dalam memanfaatkan waktu yang singkat. Pilih topik yang paling umum dan cari kelemahannya dimana. Kelemahan topik ini bisa kamu telusuri dan kamu pilih jadi topik skripsi. Mudah bukan?

Langkah keempat dalam menentukan judul skripsi adalah memilih dosen pembimbing. Ini penting banget, karena berbagai karakter dosen yang ada di kampus. Setiap dosen akan punya karakter dalam membimbing mahasiswanya. Kesimpulannya, pilih dosen yang komunikatif, solutif dan sesuai dengan bidang studi yang kamu geluti. 

Langkah kelima, perbanyak waktu membaca. Membaca itu sangat bermanfat buat kamu yang masih bingung menentukan judul skripsi. Dengan membaca kamu bisa mengembangkan imajinasimu. Terlepas dari imajinasi, berdasarkan fakta ilmiah, membaca bisa membuat seseorang lebih sensitif dengan lingkungan sekitarnya. 

Di depan laptop bersama kawan (mkels.com)

Selanjutnya, dalam menentukan judul skripsi kamu mesti mencari pegangan. Setiap kampus punya prosedur dalam menyusun judul skripsi. Jadi, carilah info sebanyak mungkin tentang prosedur penyusunan judul skripsi. 

Terakhir, disiplin terhadap waktu dan fokus. Menentukan judul skripsi itu nggak sesusah langkah pertama untuk memulainya. 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"