Cara Membuat Judul Skripsi Kualitatif Secara Efektif, Mau Segera Wisuda kan? Yuuk..

Cara Membuat Judul Skripsi Kualitatif Secara Efektif, Mau Segera Wisuda kan? Yuuk..

Kualitatif merupakan metode penelitian yang dipakai dalam skripsi. Sebenernya nggak cuma kualitatif metodenya. Tapi metode ini biasa menggunakan deskripsi dan analisis. Maksudnya? Metode ini berangkat dari sebuah teori dan menghasilkan teori. Umumnya skripsi kualitatif mengangkat fenomena yang terjadi dan dikaitkan dengan teori. Sehingga teori yang dihasilkan valid, nggak cuma sekedar teori tapi terjadi dalam kehidupan nyata. Sedangkan judulnya, tentu saja harus menggambarkan isinya. Makanya, cara membuat judul skripsi kualitatif secara efektif mesti segera kamu ketahui.  

Serius ngerjain skripsi(webjuntion.com)

1. Pertimbangan yang matang

Banyak yang mmenyusun judul skripsi kualitatif berdasarkan passionnya. Tapi tanpa disadari dan tanpa pertimbangan yang matang, justru malah memperlama masa studi. Cara membuat judul skripsi kualitatif yang efektif, sesuaikan metode dan instrumen penelitian. 

2. Berpijak pada masalah

Skripsi kualitatif memang cari-cari masalah. Masalah bukan berarti masalah pribadi lho ya! Masalah ini dalam konteks penelitian ilmiah. Meskipun kamu bisa memilih skripsi kualitatif yang berangkat dari kegelisahan pribadi. Tetapi harus menggunakan bahasa ilmiah ya.

Cara membuat judul skripsi kualitatif berpijak pada sebuah masalah. Masalah apa yang kamu angkat harus 'tampil' dalam judul. Judul yang hanya disusun dari beberapa kata itu harus kamu manfaatkan secara efektif. 

3. Tentukan variabel

Dari masalah yang ditemukan, kamu bisa menentukan variabel. Misalnya variabel yang kamu pakai ada 4, yaitu hukum perdata, perdagangan, penipuan dan hak konsumen. Cara membuat judul skripsi kualitatif dari 4 variabel itu, menjadi titik singgung dari 4 variabel tersebut. Carilah kunci-kunci yang bisa menjalin ke-4 variabel tersebut. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"