Kompetisi Baru Kembali di Ciptakan UEFA?

Kompetisi Baru Kembali di Ciptakan UEFA?

Badan tertinggi sepakbola Eropa yakni Union of European Fotball (UEFA) resmi merilis pembuatan kompetisi sepak bola. Kompetisi ini rencananya akan digelar pada 2021 mendatang.

UEFA (rts.ch)

Kompetisi ini nantinya akan berada dibawah Liga Champions dan Liga Europa. Format untuk kompetisi ini pun meniru format seperti halnya Liga Champions dan Liga Europa sekarang ini.

Rencana itupun di tuntaskan Executive Commite (ExCo) UEFA pada saat pertemuan di Dubai. Pertemuan itu sekaligus memperkenalkan kompetisi baru yang diusung UEFA dengan working title 'UEL2'. Pada kompetisi ini, setidaknya akan melibatkan 32 tim dalam fase group pada tahun 2021 sampai 2024 mendatang, dikutip dari Reuters.com via Bola.net.

Jika kompetisi ini nantinya digelar, maka peserta fase grup Liga Eropa pun nantinya akan dikurangi, yang mulanya 48 tim akan menjadi 32 tim saja. 

Liga europa (bola.com)

Perubahan pada Liga Europa tersebut, tidak berpengaruh dengan Liga Champions. Perwakilan empat liga top Eropa -Spanyol, Inggris, Jerman dan Italia- tersebut, tetap mendapatkan slot di fase grup.

Ternyata, kompetisi baru ini di bentuk UEFA, untuk memenuhi tuntutan negara-negara Eropa yang ingin merasakan kompetisi melawan tim negara lain gengs.

Kompetisi ini, setidaknya akan melangsungkan 141 pertandingan dalam 15 laga per pekan, sama persis dengan Liga Europa kan gengs. Akan dimulai dari delapan grup dengan masing-masing empat tim, lalu maju ke babak 16 besar, perempat final, semifinal dan final.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"