Kereta Cepat Jakarta – Bandung Masuk Daftar Kereta Tercepat di Dunia

Kereta Cepat Jakarta – Bandung Masuk Daftar Kereta Tercepat di Dunia

Proyek kereta cepat Jakarta – Bandung akan diluncurkan dalam hitungan bulan. Kereta ini menjadi kereta paling cepat nomor dua di dunia. Kereta cepat ini hanya kalah dari kereta cepat yang lebih dulu beroperasi di China. Berikut beberapa kereta tercepat yang ada di dunia.

Shanghai Maglev

Shanghai Maglev adalah kereta tercepat nomor satu di dunia. Kereta ini bisa melaju di kecepatan sampai 600 km per jam. Kereta cepat ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2021. Shanghai Maglev jenis kereta yang menggunakan levitasi magnetik dan terkesan melayan karena tidak bersentuhan dengan rel kereta.

Kereta ini memiliki rute Shanghai menuju Beijing dan sebaliknya. Dengan naik kereta Shanghai Maglev penumpang hanya menempuh waktu selama 2,5 jam saja menuju tujuan, padahal jarak yang ditempuh sejauh 1.000 kilometer. 

Kereta Cepat di Dunia (World Traveller 73)

Kereta Cepat Jakarta – Bandung

Kereta cepat yang mampu melaju dengan kecepatan sampai 350 km per jam ini hanya menempuh waktu selama 45 menit dari Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya. Padahal jika menggunakan akses transportasi seperti kereta api, Jakarta – Bandung menempuh waktu sekitar 3 jam.

Pada 18 Agustus 2023 mendatang kereta cepat Jakarta – Bandung akan mulai beroperasi. Tetapi selama tiga bulan tidak dikenakan biaya alias gratis. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan meskipun harga tiket gratis tetapi tidak semua orang bisa menjajal pengalaman naik kereta cepat itu. Penumpang yang akan naik selama tiga bulan akan dipilih.

CR400 Fuxing

Kereta cepat ini berasal dari China. Kereta CR400 Fuxing memiliki kecepatan maksimal 350 km per jam sama dengan kereta cepat Jakarta – Bandung. Panjang gerbong kereta ini ada 16 gerbong dengan maksimal mengangkut 1.200 penumpang. 

Fasilitas kereta ini sangat memanjakan penumpang karena terdapat hiburan di kursi penumpang, layar kaca, kabin pintar, dan fitur lain. Kereta ini memiliki rute utama Shanghai – Beijing sampai Hong Kong.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"