Jepang Jadi Negara yang Memproduksi Motor, Tapi Kenapa Masyarakatnya Banyak yang Gak Punya Motor, Ya? Ini Alasannya

Jepang Jadi Negara yang Memproduksi Motor, Tapi Kenapa Masyarakatnya Banyak yang Gak Punya Motor, Ya? Ini Alasannya

Sudah lama negara Jepang memproduksi kendaraan bermotor. Ada banyak merk kendaraan populer yang berasal dari Jepang, seperti Suzuki, Honda, Yamaha dan Kawasaki. 

Namun meski banyak memproduksi sepeda motor, nyatanya masyarakat di Jepang tidak begitu banyak yang mengendarai sepeda motor, lho. Kenapa bisa?

Menurut seorang dosen Prodi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya Malang, Ni Made Savitri, menjelaskan ada beberapa alasan mengapa masyarakat Jepang tak begitu suka mengendarai sepeda motor. Berikut ulasannya:

Berbahaya bila dibawa saat musim dingin

Ilustrasi musim dingin di Jepang (jkt delicacy)

Banyak masyarakat di sana mengaku merasa bahaya jika mengendarai sepeda motor saat musim dingin. Apalagi, kondisi jalanan yang beku tentu membahayakan pengendara karena akan terasa licin. 

Umumnya, kendaraan sepeda motor di Jepang hanya dipakai untuk beberapa keperluan seperti pengiriman paket, surat atau ekspedisi. 

Berkaitan dengan tindakan kriminal

Alasan berikutnya adalah karena sepeda motor identik dengan tindakan kriminal. Menurut Made, masyarakat di sana memandang jika sepeda motor bukanlah kendaraan yang bersifat positif. 

Sebelumnya di tahun 1970 hingga 1980-an, Jepang pernah berkampanye untuk memberi batasan para pelajar dalam mengendarai sepeda motor. Sebab di tahun-tahun tersebut, sedang marak geng motor sehingga mereka sering membuat kekacauan.

Adanya fasilitas kendaraan umum



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"