Jenderal TNI Ini Pernah Ngamuk dan Gebrak Meja di Depan Soeharto, Sosoknya Disegani di Era Ode Baru

Jenderal TNI Ini Pernah Ngamuk dan Gebrak Meja di Depan Soeharto, Sosoknya Disegani di Era Ode Baru

Era orde baru dibawah kepemimpinan Soeharto  melahirkan banyak Jenderal TNI , salah satunya M.Jusuf yang kala itu menjabat sebagai Panglima ABRI. Konon Jusuf adalah Jenderal TNI yang paling disegani karena sosoknya yang tegas.

Saking terkenalnya sebagai Jenderal TNI tegas di Orde Baru, sebuah Masjid di Makassar, Sulawesi Selatan dibangun dan menggunakan nama beliau, yakni Masji Al-Maraz Al-Islami Jenderal M Jusuf.

Dalam buku 30 Tahun Pemerintahan Otoriter Soeharto karya Salim Said, penulis menuliskan peristiwa mengejutkan yang pernah dialami oleh Jusuf. Kala itu  usai Jusuf dilantik sebagai Panglima ABRI pada 1978, ia menghadiri sebuah rapat besar di kediaman Soeharto di Jalan Cendana, Jakara Pusat.

M.Jusuf Sosok Jenderal TNI yang Tegas (CeknRicek)

Dalam pertemuan itu, ada salah seorang peserta rapat yang juga Menteri Dalam negeri, Amir Mahmud mengatakan jika ada maksud tertentu Soeharto memilih dan melantik Jusuf. 

Pernyataan itu membuat Jusuf naik darah. Ia membantah isu tersebut dan mengatakan jika hal itu tidak benar. “ Bohong! Itu tidak benar semua, saya diminta menjadi Menhamkam/Pangab karena perintah Bapak Presiden,” kata Salim Said dalam buku tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"