Jatuh dari Pesawat Tanpa Parasut, Pramugari Ini Berhasil Lolos dari Maut Kecelakaan Pesawat

Jatuh dari Pesawat Tanpa Parasut, Pramugari Ini Berhasil Lolos dari Maut Kecelakaan Pesawat

Mungkin gak banyak orang yang tau siapa Vesna Vulovic. Dia adalah seorang perempuan yang bekerja sebagai pramugari maskapai terbesar di Yugoslavia.

Kisah hidupnya jadi menarik untuk disimak karena dia pernah berhasil lolos dari maut kecelakaan pesawat.

Sebuah kecelakaan pesawat JAT dengan nomor penerbangan 367 pernah terjadi pada 26 Januari 1972 silam. Hal ini sempat dialami oleh pramugari Vesna Vulovic ini. 

Pramugari pesawat JAT, maskapai penerbangan milik Yugoslavia (pinterest.com)

Padahal waktu itu harusnya Vesna tidak bekerja. Tapi Vesna Vulovic dipanggil untuk bertugas. Dia bertukar dengan pramugari lain yang namanya Vesna juga.

Kronologinya, pesawat JAT 367 lepas landas dari Bandara Internasional Kopenhagen, Denmark, pukul 15.15 waktu setempat menuju Beograd, ibu kota Yugoslavia dulu. Nah, sekitar 16 menit setelah lepas landas, pesawat sudah berada di ketinggian. Tetapi, sebuah ledakan terjadi di kompartemen bagasi pesawat.

Saat terjadi ledakan, pesawat sudah berada di atas wilayah udara perbatasan Cekoslowakia dan Jerman. Saking kuatnya, ledakan itu merobek badan pesawat.

Akibatnya, sebanyak 27 dari 28 awak dan penumpang tewas seketika. Tubuh beberapa penumpang bahkan terlempar ke udara karena tersedot keluar dari pesawat. Mereka terpapar suhu beku di musim dingin.

Ilustrasi, Vesna Vulovic jatuh dari pesawat tanpa parasut (pinterest.com)

Beberapa korban ledakan pesawat itu juga tewas setelah badan pesawat menghantam permukaan bersalju di sebuah desa kecil bernama Srbska Kamenice.

Di antara semua korban tewas, hanya Vesna Vulovic yang selamat. Vesna sendiri bisa selamat karena jatuh dari ketinggian 33 ribu kaki, sekitar 10.160 meter di atas permukaan laut. Vesna pun jatuh dari ketinggian itu tanpa parasut!

Bruno Honke, seorang warga Desa Srbska Kamenice, kaget ketika dia mendengar rintihan minta tolong dari balik puing-puing pesawat. Setelah dicari, ternyata itu adalah suara Vesna Vulovic.

Beruntunglah Vesna karena Bruno Honke sendiri pernah menjadi seorang tenaga medis saat Perang Dunia II. Lelaki itu kemudian melakukan segala cara untuk menjaga Vesna Vulovic tetap hidup sebelum tim medis tiba di lokasi.

Karena terjatuh dari ketinggian tanpa parasut, Vesna Vulovic mengalami luka parah! Vesna bahkan nyaris meregang nyawa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"