Jangan Boros! Ini 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasan Membuang Makanan

Jangan Boros! Ini 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasan Membuang Makanan

Ada banyak hal yang berperan besar untuk mengotori Bumi kita. Mulai dari berbagai jenis polusi hingga beragam jenis sampah. Nah, untuk soal sampah, sadar atau nggak kita sudah berperan pula untuk ikut bikin kotor planet kita ini lho.

Salah satunya datang dari limbah makanan. Sejauh ini sudah banyak perusahaan makanan yang telah mengukur bahan yang tepat dalam proses produksi demi mengurangi sampah makanan. Tetapi, cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah meminimalisir sisa makanan.

Nah, ada beberapa cara simpel yang bisa kita lakukan demi mengurangi sampah makanan. Cara simpel ini nggak cuma untuk mengurangi jumlah sampah, tetapi juga berguna untuk menghemat pengeluaran. Kalo gitu, simak dulu nih beberapa cara mengurangi sampah makanan.

1. Beli apa yang dibutuhkan

1. Beli apa yang dibutuhkan Makanan yang terbuang percuma turut mengotori Bumi, cuy! (foodlogistics.com)

Buat apa kita punya pasokan makanan berlebih kalo nggak segera dimakan? Kan sayang tuh kalo telanjur dibeli dan sia-sia. Makanya, belilah makanan yang tepat dan sesuai dengan yang kita butuhkan.

Cara ini ampuh lho untuk menghindari bahakan makanan yang tersisa. Apalagi dalam jumlah banyak, padahal masih banyak lho yang belum bisa makan hari ini.

2. Simpan di kulkas atau freezer

2. Simpan di kulkas atau freezer Ada baiknya simpan makanan di dalam lemari pendingin atau kulkas. (betterhousekeeper.com)

Membeli makanan dalam jumlah lebih emang menghemat biaya pengeluaran sih. Tapi bukan berarti tanpa risiko ya. Misalnya pas beli daging atau bahan pangan yang tak bisa bertahan lama.

Solusinya sebenernya gampang... "Kan, ada kulkas!" Ya, benar, kulkas alias lemari pendingin membantu kita untuk setidaknya menyimpan makanan berlebih untuk dikonsumsi di lain waktu. Untuk bahan pangan yang tak bertahan lama, kita juga bisa simpan di freezer kok.

Tapi ingat baik-baik, kapan kita mulai menyimpannya dan kapan tanggal kadaluarsanya. Kalo jarang kita cek, bisa-bisa kulkas kita isinya cuma makanan yang berjubel apalagi udah lewat tanggal kadaluarsanya. Sama aja bohong dong....

3. Mengatur penyimpanan di kulkas

3. Mengatur penyimpanan di kulkas Berikan label pada wadah atau kemasan makanan di dalam kulkas. (recipechatter.com)

Langkah ini bisa dilakukan demi mencegah makanan yang terbuang percuma. Kita bisa atur penyimpanan makanan di dalam lemari es dan diurutkan berdasarkan mana yang lebih lama disimpan.

Cara aturnya simpel juga kok. Makanan yang lama diletakkan di depan. Jadi kita bisa kontrol dan segera tau kalo makanan itu harus segera dimakan atau udah nggak layak dimakan. Demi meminimalisir makanan terbuang, sebaiknya tetap dikontrol ya setiap hari.

Kalo kalian sempat, coba bikin catatan dan ditempel pada kemasan makanan. Atau tempel aja di luar pintu kulkas daftar-daftarnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"