Ini Dia Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia, Berikut 5 Fakta Uniknya

Ini Dia Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia, Berikut 5 Fakta Uniknya

Stasiun Nagreg di Jawa Barat menjadi stasiun kereta api tertinggi di Indonesia. Stasiun ini berada di dataran tinggi dan perbukitan. Biasanya kereta-kereta api dari Bandung menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur pasti melewati Stasiun Nagreg. Apa saja fakta-fakta unik Stasiun Nagrek? Berikut penjelasannya.

Ketinggian

Sebagai stasiun kereta api tertinggi di Indonesia, Stasiun Nagreg memiliki ketinggian mencapai 848 meter di atas permukaan laut. Sebenarnya masih ada stasiun kereta api yang memiliki ketinggian melebihi Stasiun Nagreg yakni Stasiun Cikajang di Garut. Stasiun ini berada di ketinggian 1.246 meter di atas permukaan laut.

Tapi sayang stasiun itu sudah tidak digunakan karena jalur kereta api di kawasan stasiun itu sudah tidak dipergunakan lagi sejak 1983. Jadilah Stasiun Nagreg menjadi stasiun tertinggi di Indonesia saat ini. Melewati stasiun ini pada pagi hari menjadi momen yang tak terlupakan karena bisa melihat pemandangan indah.

Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia (YouTube)

Bangunan Masih Kokoh

Menjadi stasiun kereta api tertinggi di Indonesia, Stasiun Nagreg memiliki bangunan yang kokoh. Padahal Stasiun Nagreg sudah berdiri sejak tahun 1890 atau sudah berusia lebih dari seabad atau 133 tahun.  Meskipun menjalani renovasi beberapa kali tetapi bangunan asli stasiun tersebut masih berdiri.

Bukan Stasiun Besar

Stasiun Nagreg bukan menjadi stasiun kereta api yang besar di Jawa Barat seperti Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, atau Stasiun Tasikmalaya. Stasiun ini masuk kategori stasiun kecil atau kelas II / kelas III. Jadi tidak ada kereta jarak jauh yang berhenti di stasiun ini untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

Kereta Api yang Berhenti

Meskipun tidak ada kereta api jarak jauh yang berhenti di Stasiun Nagreg, tetapi ada kok kereta api yang berhenti di Stasiun Nagreg. Kereta api itu adalah Kereta Api Lokal dengan rute dari Purwakarta menuju Garut. Penumpang yang naik dari stasiun ini cukup banyak karena lokasinya berada di tempat strategis.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"