Makna Angka di Papan Nama Stasiun Kereta Api Ternyata Bukan untuk Jarak Lho, Tapi Buat Ini

Makna Angka di Papan Nama Stasiun Kereta Api Ternyata Bukan untuk Jarak Lho, Tapi Buat Ini

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi umum yang paling banyak digunakan oleh masyarakat selain bus. Hal tersebut karena alasan kenyamanan dan efisiensinya. 

Tentunya, saat hendak naik kereta api, penumpang haruslah menuju stasiun kereta api asal. Nah, di setiap stasiun pemberhentian ada papan nama stasiun. Pada papan nama stasiun tersebut, pernahkah kamu perhatikan ada angka yang berbeda-beda?

Jika kamu belum menyadarinya atau jika selama ini kamu berpikir angka itu untuk menunjukkan jarak stasiun, ternyata bukan.

Angka di Papan Nama Stasiun Kereta Api (Wikipedia)

Arti sebenarnya dari angka dan tanda di papan nama stasiun tersebut adalah informasi ketinggian lokasi dari permukaan air laut. Sementara itu, ada dua tanda mendahului angka-angka tersebut yakni tanda plus (+) atau tanda minus (-). 

Tanda plus dalam hal ini menandakan bahwa lokasi tersebut berada di atas permukaan air laut, sementara, tanda minus menandakan bahwa lokasi tersebut berada di bawah permukaan air laut.

Nah, selain menunjukkan ketinggian lokasi stasiun, angka yang terdapat pada papan nama stasiun juga berfungsi sebagai penentu waktu tempuh dan kecepatan kereta dari satu stasiun ke stasiun lainnya. 

Dilansir dari bobo.id, fungsi tanda dan angka tersebut yakni untuk menentukan bobot kereta dan jenis lokomotif yang sebaiknya digunakan di stasiun atau daerah tersebut. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"