Deretan Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia, Pernah ke Sini Gak?

Deretan Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia, Pernah ke Sini Gak?

Stasiun kereta api merupakan salah satu fasilitas kereta api. Di sana, kereta-kereta berhenti dan berangkat. 

Penumpang akan naik dan turun di stasiun dari dan menuju kota-kota lainnya. Tapi tau gak gengs, Indonesia tuh punya beberapa stasiun kereta api yang udah tua banget usianya.

Stasiun-stasiun itu gak terlihat tua karena perawatan yang baik. Siapa yang nyangka kalo stasiun-stasiun itu udah melayani penumpang kereta api sejak jaman kolonial Belanda dulu.

Nah, ini dia deretan stasiun kereta api tertua di Indoesia. Umurnya bahkan udah hampir satu setengah abad loh. Mana aja sih? Simak deh ulasannya.

#Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta

#Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta Ini nih, salah satu stasiun kereta paling tua (heritage.kai.id)

Salah satu stasiun kereta api tertua di Indonesia adalah Stasiun Lempuyangan. Lokasinya berada di tengah kota. Sekitar 1 kilometer dari pusat kota dan stasiun kereta api utama di Yogyakarta.

Stasiun ini sudah beroperasi sejak tahun 1872 silam. Berarti usianya udah 147 tahun ya. Sampe sekarang, stasiun ini pun masih aktif melayani penumpang kereta api ke berbagai tujuan.

Stasiun ini awalnya dibangun pada masa kolonial Belanda untuk pengangkutan gula. Stasiun ini menjadi rute terakhir untuk rute Semarang-Solo-Yogyakarta.

#Stasiun Ambarawa, Jawa Tengah

#Stasiun Ambarawa, Jawa Tengah Kira-kira beginilah Stasiun Ambarawa (sindonews.com)

Stasiun kereta api selanjutnya yang udah berumur di Indonesia adalah Stasiun Ambarawa. Letaknya gak jauh dari Semarang atau Salatiga. Stasiun ini juga berdiri sejak jaman penjajahan Belanda silam. Tepatnya pada tahun 1873.

Awalnya, stasiun ini bernama Stasiun Willem I yang diambil dari nama Raja Belanda saat itu. 

Stasiun ini emang udah gak beroperasi lagi sebagai pelayanan komersial. Tapi masih beroperasi untuk kebutuhan pariwisata. Bangunannya pun difungsikan sebagai museum.

Kereta api uap buatan Maschinenfabriek Esslingen masih beroperasi di sana. Pemandangan di sekitarnya bagus lho gengs.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"