Jenazah Artis Ini Dimakamkan di TMP Kalibata, Ternyata Semasa Hidup Pernah Membela Kemerdekaan Indonesia, Siapa Sosoknya?

Jenazah Artis Ini Dimakamkan di TMP Kalibata, Ternyata Semasa Hidup Pernah Membela Kemerdekaan Indonesia, Siapa Sosoknya?

Taman Makam Pahlawan atau TMP Kalibata  merupakan kompleks pemakaman yang menjadi tempat peristirahatan terakhir orang yang berjasa untuk Indonesia. Namun artis dan pemain film Ratmi B-29 ternyata jenazahnya dimakamkan di lokasi tersebut. Kok bisa sih?

Pada tahun 1977 atau 45 tahun silam, Ratmi meghembuskan nafas terakhirnya. Ratmi meninggal karena alami serangan jantung. Kepergiannya ditangisi banyak insan perfilman tanah air karena Ratmi baru saja menyelesaikan film terakhirnya yang berjudul Direktris Muda.

Jenazah Ratmi akhirnya dimakamkan di TMP Kalibata. Mungkin Ratmi menjadi artis satu-satunya yang dimakamkan di sana. Proses pemakaman Ratmi pada waktu itu dijalani dengan prosesi upacara kenegaraan lho.

Jenazah Artis Ini Dimakamkan di TMP Kalibata, Ternyata Semasa Hidup Pernah Membela Kemerdekaan Indonesia (Celebrity Okezone)

Sebab sebelum menjadi artis, wanita yang meninggal dalam usia 45 tahun ini pernah ikut mengorbankan nyawa untuk membela kemerdekaan Indonesia.Ratmi diketahui pernah mendapatkan gelar karena jasanya besar pada Indonesia.

Sebut saja anugerah Bintang Gerilya, Bintang Kemerdekaan I dan II, serta Bintang Gerakan Operasi Militer I dan II. Saat ikut berperang, Ratmi tergabung dalam Laskar Wanita atau Laswi dengan pangkat Sersan Dua atau Serda sebagai anggota Batalyon D/X-16 di Jawa Tengah.

Ratmi pun mulai tertarik merambah dunia seni dan meninggalkan dunia militer yang membesarkan namanya. Sejak kecil, Ratmi sudah mencintai seni namun baru kesampaian mendalaminya ketika dewasa atau di awal tahun 1970-an.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"