TERJAWAB SUDAH, Alasan Makam Proklamator Bung Hatta di Tanah Kusir Bukan di TMP Kalibata

TERJAWAB SUDAH, Alasan Makam Proklamator Bung Hatta di Tanah Kusir Bukan di TMP Kalibata

Mohammad Hatta atau Bung Hatta adalah proklamator yang bersama Soekarno ikut dalam proses kemerdekaan Indonesia. Makam Hatta ada di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Bukan di TMP Kalibata. Padahal jasa Hatta sangat besar bagi Indonesia. Lalu kenapa makam Hatta ada di Tanah  Kusir?

Melansir dari Detikcom, putri Hatta yakni Meutia Hatta pernah mengungkapkan alasan makam ayahnya tidak di Taman Makam Pahlawan. Meutia mengatakan jika Hatta sudah berpesan kepada putrinya untuk tidak memakamkan jenazahnya di TMP Kalibata. “Karena ada orang bersalah tapi dimakamkan di sana (TMP Kalibata-red),” ujar Meutia.

Hubungan Hatta dengan anak-anaknya termasuk Meutia cukup dekat. Makanya Hatta menceritakan kepada keluarga. Namun Hatta saat bercerita tidak mengungkapkan nama orang yang bersalah seperti yang dimaksud olehnya. Hatta memang dikenal cukup kritis dan pemikirannya kadang dianggap berseberangan dengan beberapa orang.

Alasan Makam Proklamator Bung Hatta di Tanah Kusir Bukan di TMP Kalibata (Kompas.com)

Selain karena ada orang bersalah di TMP Kalibata, Meutia mengatakan Hatta ingin dimakamkan di Jakarta, tidak dibawa ke kampung halamannya di Sumatera Barat. Hatta ingin jenazahnya dimakamkan bersama jenazah orang-orang atau rakyat biasa yang nasibnya selama bertahun-tahun diperjuangkannya. 

Artinya Hatta memang ingin dikuburkan satu lahan dengan rakyat Indonesia lainnya. Meutia menjelaskan jika sang ayah sangat peduli dengan rakyat Indonesia. Sehingga akhirnya pihak keluarga pun bisa menerima keinginan Hatta dan memakamkan jenazah Hatta di Tanah Kusir yang merupakan pemakaman umum. 

Hatta menghembuskan napas terakhirnya pada 14 Maret 1980. Hatta meninggal dunia dalam usia 77 tahun. Pria yang mendapat julukan Bapak Koperasi Indonesia ini meninggal di Jakarta. Jenazahnya dimakamkan di Tanah Kusir sehari setelah meninggal dunia. Momen penguburan Hatta dihadiri banyak orang pelayat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"