Hukum Menguap Sambil Menutup Mulut Ketika Salat, Benarkah Bisa Batal? Gini Penjelasan Buya Yahya

Hukum Menguap Sambil Menutup Mulut Ketika Salat, Benarkah Bisa Batal? Gini Penjelasan Buya Yahya

Salat merupakan ibadah wajib yang harus dikerjakan dengan khusyuk. Jadi, kita diharuskan untuk memfokuskan pikiran hanya kepada Allah SWT saat beribadah. Tapi tidak jarang, ada kondisi tertentu orang merasa ngantuk hingga akhirnya menguap sepanjang salat.

Memang, menguap saat sedang salat terkadang sulit untuk kita tahan apalagi kalau sudah mengantuk berat. Tidak bisa dipungkiri, rasa kantuk yang bisa datang kapan saja akan mengundang kita untuk menguap. Apalagi, kita juga wajib menutup mulut saat menguap.

Lantas apa hukum menguap dalam kondisi salat? Benarkah salat bisa batal karena kita terus menggerakan tubuh untuk menutup mulut saat menguap ? Terkait hal ini, ulama Buya Yahya pun memberikan jawabannya! Simak yuk penjelasannya berikut.  

Penjelasan Buya Yahya Soal Menguap Saat Salat (YouTube)

Dalam kajiannya yang diunggah ulang di YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya sempat mendapat pertanyaan tentang hukum menutup mulut saat menguap di tengah salat. Di mana, menutup mulut dengan tangan dimaksudkan agar terhindar dari gangguan setan.

Setan tersebut bisa masuk ketika seseorang terlena saat menguap dengan membuka mulut kita lebar-lebar. Buya Yahya pun menegaskan menguap tidak membatalkan salat. Kita pun tetap perlu untuk menutup mulut dengan punggung telapak tangan ketika menguap.

"Menguap itu kan enggak bisa dibuat-buat. Kalau datang waktunya menguap, pasti menguap. Dan menguap tidak membatalkan sholat, hanya adabnya menguap itu jangan ngablak begitu nanti ada lalat yang masuk, Anda tidak tahu," terang Buya Yahya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"