Gangguan Mental Banyak Jenisnya, Apa Aja Sih?

Gangguan Mental Banyak Jenisnya, Apa Aja Sih?

Baca jenis-jenis gangguan mental berikut ini. Apakah ada yang cocok sama kamu?

Hari kesehatan mental diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Kesehata mental merupakan masalah yang serius. Apalagi di tengah keterbukaan media sosial saat ini.

Postingan yang positif saja bisa memicu reaksi negatif. Misalnya ada orang yang posting pekerjaan beru, mobil baru, rumah baru dan berita bahagia lainnya. Orang lain yang melihat bisa merasakan iri dan sedih. Apalagi orang yang pada dirinya ada bibit perasaan rendah diri.

Keadaannya akan semakin parah.

Untuk itu, pembahasan kesehatan mental sangat penting untuk dilakukan. Penyakit gangguan mental juga tidak hanya sakit jiwa loh. Berikut ini beberapa jenis gangguan mental.

1. Gangguan kepribadian

Gangguan kepribadian adalah masalah kesehatan mental yang memengaruhi sikap, perilaku, dan kepercayaan. Dua jenis gangguan kepribadian antara lain antisocial personality disorder, saat seseorang mengalami hal-hal seperti mengabaikan perasaan dan kebutuhan orang lain, memanipulasi orang lain untuk keuntungan diri sendiri, tidak merasa bersalah atas tindakan kurang menyenangkan yang dilakukan, serta merasa mudah bosan atau agresif.

Selain itu adalah borderline personality disorder, yaitu perubahan suasana hati yang intens, ketakutan akan ditinggalkan, perilaku impulsif, dan tidak stabil.

Gangguan kepribadian antisosial (bustle.com)

Tipe eksentrik atau aneh, seperti gangguan kepribadian paranoid, skizoid, skizotipal, dan antisosial.  Tipe dramatis atau emosional, seperti gangguan kepribadian narsistik, histrionik, dan ambang (borderline).  Tipe cemas dan takut, seperti gangguan kepribadian obsesif kompulsif, menghindar (avoidant), dan dependen.

2. Gangguan kecemasan

Orang dengan gangguan kecemasan (anxiety disorder) akan merespons benda atau situasi tertentu dengan sangat ketakutan, disertai gejala panik seperti detak jantung yang cepat dan berkeringat.

Kamu bisa aja merasa cemas pas mau wawancara atau tampil dipanggung. Bisa aja cemas ketemu banyak orang baru. Itu masih normal. Yag gak normal kalau sepanjang waktu hidupmu dipenuhi dengan kecemasan dan ketakutan.

3. Gangguan makan

Tidak ada nafsu makan (buoyhealth.com)

Sering dialami sama mereka yang takut gendut dan menjalankan diet sangat ketat.

Gangguan paling umum adalah anoreksia (penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang), bulimia (makan secara berlebihan kemudian mencoba mengeluarkan kembali apa yang telah mereka makan, seperti dimuntahkan), dan binge eating disorder (makan dalam jumlah banyak dan sulit dihentikan).

4. Gangguan suasana hati

Penderitanya bisa merasakan fluktuasi perasaaan, seperti senang atau sedih dengan ekstrim. TIba-tiba senang lalu jadi sedih.

Beberapa contoh gangguan suasana hati adalah bipolar, depresi jangka panjang, gangguan afektif musiman, perubahan suasana hati dan iritabilitas yang terjadi selama fase pramenstruasi, serta depresi karena penyakit fisik.

5. Gangguan kontrol impuls dan kecanduan

Orang dengan gangguan kontrol impuls tidak dapat menahan dorongan untuk melakukan tindakan yang bisa membahayakan dirinya sendiri atau orang lain. Mereka bisa melakukan tindakan-tindakan ekstrim tanpa ragu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"