Deretan Orang Keturunan Tionghoa yang Jadi Kepala Daerah di Indonesia, Dua Orang Tersandung Kasus Hukum

Deretan Orang Keturunan Tionghoa yang Jadi Kepala Daerah di Indonesia, Dua Orang Tersandung Kasus Hukum

Selama ini orang Tionghoa  di Indonesia dikaitkan dengan dunia bisnis atau usaha. Banyak dari mereka yang jadi pengusaha bahkan masuk dalam daftar orang kaya di Indonesia. Tapi jangan salah dulu, sebab banyak juga orang Tionghoa yang jadi kepala daerah  karena sukses berpolitik. Meskipun di akhir masa jabatan, ada yang tersandung masalah hukum.

Meskipun kaum atau etnis Tionghoa menjadi minoritas, bukan berarti kiprah para keturunan Tionghoa di Indonesia tak menggigit. Berikut nama-nama orang Tionghoa yang pernah menjadi kepala daerah.

1.    Basuki Tjahaja Purnama

Orang Tionghoa pertama yang karirnya cukup sukses adalah Basuki Tjahaja Purnama. Pria yang akrab disapa Ahok ini awalnya merintis karir berpolitik sebagai Anggota DPRD Belitung Timur pada tahun 2004-2009. Setahun jadi Anggota DPRD, Ahok mencalonkan diri menjadi Bupati Belitung Timur dan akhirnya terpilih.

Ahok pun menjadi Bupati pertama di Belitung Timur yang berasal dari etnis Tionghoa. Kemudian Ahok menjadi Anggota DPR RI dan terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko Widodo pada 2012. Saat Jokowi dilantik sebagai Presiden, Ahok naik menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Sayangnya pada Pilkada DKI Jakarta Ahok kalah dari pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno. Bahkan Ahok pun harus ditahan karena kasus penistaan agama. Di awal 2019 Ahok bebas dan kini memegang jabatan sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Deretan Orang Tionghoa yang Karirnya Moncer di Dunia Politik dan Jadi Kepala Daerah di Indonesia (Liputan6.com)

2.    Acep Purnama

Jika Ahok pernah menjadi Bupati keturunan Tionghoa pertama di Belitung Timur, Acep Purnama pun merasakannya. Acep merupakan Bupati Kuningan periode 2018-2023. Acep sebelumnya menjadi Wakil Bupati Kuningan pada periode 2013-2018. Namun Acep naik jabatan karena Bupati sebelumnya, Utje Choeriah Hamid Suganda wafat.

Darah Tionghoa mengalir dalam darah Acep dari nenek moyangnya. Sebelum Acep, memang pernah ada Pangeran Adipati atau pemimpin Kuningan di masa lalu yang keturunan Tionghoa. Pangeran Adipati itu memiliki ibu yan berasal dari negeri China bernama Ratu Ontin Nio.

3.    Andrei Angouw

Andrei Angouw adalah Wali Kota Manado yang dilantik pada 2021 lalu. Andrei beragama Konghuchu dna menjadi penganut Konghucu pertama yang menjadi kepala daerah di Indonesia. Pria berusia 52 tahun itu mengawali karir sebagai Ketua DPRD Sulawesi Utara selama dua periode.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"