Dasar Pilot Gila! Saat Mendaratkan Pesawat Sengaja Menutup Mata, Kecelakaan Tak Bisa Dihindarkan

Dasar Pilot Gila! Saat Mendaratkan Pesawat Sengaja Menutup Mata, Kecelakaan Tak Bisa Dihindarkan

Kecelakaan pesawat  memilukan pernah terjadi di Rusia. Penyebabnya seorang pilot pesawat  terkesan bercanda ketika mendaratkan pesawat. Pilot tersebut memilih menutup mata padahal hal itu sangat membahayakan keselamatan penumpang dan awak pesawat.

Ternyata saat terbang dalam ketinggian, pilot dan co-pilot membicarakan soal taruhan apakah mereka bisa menutup mata ketika mendaratkan pesawat. Kejadian itu terjadi pada 20 Oktober 1986 silam oleh maskapai penerbangan Aeroflot Flight 6502. 

Dilansir dari Kaskus, pesawat komersil itu terbang dari Sverdlovsk menuju Grozny dengan mengangkut 94 penumpang dan beberapa awak kabin lainnya. Pilot bernama Alexander Kliuyev sementara co-pilot bernama Gennady Zhirnov.

Ilustrasi Pesawat Mendarat (Kabar Penumpang)

Memang Kliuyev berujar kepada Zhirnov jika sebagai pilot pengalaman dirinya bisa mendaratkan pesawat dengan mata tertutup. Kala itu pesawat mendarat dengan kecepatan 150 knot atau 280 KM/jam. 

Pesawat itu saat mendarat menghantam landasan denan sangat keras. Roda pesawat terenti karena benturan dan pesawat berpindah dari lintasan ke pinggir landasan. Sayap kanan pesawat robek, dan sayap sebelah kiri mengalami patah dan rusak parah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"