Cowok Ganteng dan Cewek Cantik Terbukti Sulit Pertahankan Hubungan?

Cowok Ganteng dan Cewek Cantik Terbukti Sulit Pertahankan Hubungan?

Kayaknya seneng gitu kalo kita punya pasangan cowok ganteng atau cewek cantik. Jadi bangga aja gitu, bener nggak?

Di samping itu, beberapa dari kita juga kadang-kadang iri gitu. Pengin juga kan punya wajah cantik atau ganteng kayak mereka yang dianugerahi kelebihan itu.

Punya pacar yang wajahnya menarik tuh bikin bangga ya (freep.com)

Ya, soalnya mereka kan disukai banyak orang, gampang dapet kerjaan, dapet pacar, pokoknya populer lah. Meski begitu, kalian juga harus sadar bahwa kita semua cuma manusia yang punya kekurangan gengs.

Mereka yang punya wajah cantik dan ganetng tuh punya kekurangan yang belakangan dibuktikan lewat sebuah studi. Ternyata, mereka yang diberi Tuhan kelebihan itu punya kekurangan yaitu sulit mempertahankan hubungan dalam jangka waktu yang panjang. Hmm ....

Seperti dikutip dari Omgfact, studi itu dilakukan oleh seorang ahli psikologi sosial Harvard yang terkenal, Christine Ma-Kellams. Doi tertarik oleh penelitian yang menyoroti hal-hal positif dari seseorang yang memiliki paras tampan dan cantik.

Sebenernya ada kerugiannya gak sih punya paras menarik? (askmen.com)

Karena mereka dengan kriteria itu keliatannya punya banyak kelebihan, Ma-Kellams pengin tau juga nih apa mereka bisa mendapat kerugian juga karena keindahannya. Akhirnya, penelitian tentang hal ini dilakukan untuk mengetahui daya tarik fisik dengan harapan hidup dan tingkat kepuasan.

Studi Ma-Kellams menjelaskan kenapa banyak artis yang tentunya berwajah cantik dan ganteng itu kerap mengalami kegagalan dalam rumah tangganya. Dua studi pertamanya membuktikan adanya hubungan yang jelas antara paras menarik dengan ketidaklanggengan dalam hubungan.

Dalam eksperimen pertama, dua perempuan menilai daya tarik pria berdasarkan foto buku tahunan sekolah menengah dari akhir 1970-an hingga 1980-an. Peneliti kemudian menelusuri status pernikahan mereka lewat situs Ancestry.com.

Orang-orang menarik umumnya payah dalam hubungan (kdramawithxavysmom.com)

Hasilnya menunjukkan ... orang-orang yang dinilai menarik justru besar kemungkinannya untuk mengalami perceraian.

Sementara dalam eksperimen kedua, perempuan yang sama juga menilai daya tarik selebritas pria dan wanita. Hasilnya, selebritas yang paling menarik memiliki usia pernikahan yang singkat juga.

Selanjutnya dalam eksperimen ketiganya, Ma-Kellams meneliti apakah mereka yang berparas menarik dan sudah memiliki pasangan masih melirik orang lain yang lebih menarik. Hasilnya ... mereka yang berparas cantik ternyata menunjukkan minat untuk mencari laki-laki lain. Nah loh!

Apakah Song-Song-Couple termasuk? (toronto.citynews.ca)

Lagi, studi terakhir Ma-Kellams juga mengeksplorasi kepuasan hubungan dan ketertarikan terhadap orang lain. Partisipan studi pun diperlihatkan beberapa foto sesama jenis mereka. Mereka diminta untuk melaporkan apa mereka merasa lebih menarik atau tidak setelah melihat foto-foto tersebut.

Nah, mereka yang merasa lebih menarik menganggap bahwa lawan jenis juga lebih menarik. Kecenderungan ini juga meningkat dalam partisipan yang melaporkan ketidakpuasan dalam hubungan mereka.

Pasangan ini juga gitu ya kayaknya (eonline.com)

"Saya pikir daya tarik memberi Anda lebih banyak pilihan dalam hal alternatif hubungan, yang mungkin membuat lebih sulit untuk melindungi hubungan dari ancaman luar," kata Ma-Kellams.

"Dalam pengertian ini, memiliki terlalu banyak pilihan lain kemungkinan tidak bermanfaat bagi panjangnya umur sebuah hubungan," lanjutnya.

Jadi, emang perlu berhati-hati juga ya kalo punya pasangan yang berparas menarik. Kemungkinan mereka untuk "main serong" besar juga. Bangga sih, tapi ada baiknya kalian tumbuhkan rasa saling percaya satu sama lain deh.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"