Cara Membayar Utang Puasa Yang Sudah Bertahun-tahun, Bolehkah Menggunakan Uang?

Cara Membayar Utang Puasa Yang Sudah Bertahun-tahun, Bolehkah Menggunakan Uang?

Dalam waktu sekitar dua minggu lagi, umat Muslim akan memasuki bulan puasa . Mendekati Ramadhan 2022, penganut agama Islam diwajibkan untuk mengganti utang puasa  tahun lalu yang tidak sempat ditunaikan. Untuk yang tidak kuasa menggantinya, diberikan keringanan dengan diperbolehkan untuk membayar fidyah atau denda.

Namun orang-orang yang diwajibkan membayar fidyah juga bukan sembarangan. Tidak semua orang bisa mendapat keringanan untuk tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan, hanya dengan membayar fidyah puasa tahun lalu. Adapun ketentuan golongan orang-orang yang diperbolehkan tidak puasa dan wajib membayar fidyah yakni:

Orang sakit yang secara umum ditetapkan sulit untuk sembuh lagi, wanita hamil dan menyusui, orang yang menunda qadha’ puasa dan tak sempat melaksanakannya sampai Ramadan tiba, orang-orang tua renta yang lemah fisiknya dan tidak mampu menjalankan puasa serta mereka yang meninggal membawa utang puasa.

Foto: Ilustrasi Bayar Utang Puasa (Dream.co.id)

Umumnya, cara membayar utang puasa tahun lalu adalah dengan memberikan makanan pokok bisa dalam bentuk makanan siap saji atau hanya berupa bahan-bahan mentah. Keduanya boleh-boleh saja diberikan, karena memang tidak ada aturan khusus yang mengikat tentang cara membayar fidyah ini.

Adapun takaran membayar fidyah puasa tahun lalu harus dibayarkan kepada setiap 1 orang fakir miskin adalah 1 mud gandum sesuai dengan ukuran mud Nabi Muhammad SAW. Mud sendiri adalah telapak tangan yang ditengadahkan ke atas untuk menampung makanan atau mirip orang berdoa. Jika diukur dengan ukuran zaman sekarang, 1 mud setara dengan 675 gram atau 0,688 liter.

Sementara ulama lain berpendapat cara membayar fidyah puasa tahun lalu setara dengan 4 mud atau sama seperti jumlah zakat fitrah yang dibayarkan. Bila diukur sekitar 2,75 liter. Bahan-bahan ini lah yang diberikan pada fakir miskin setiap harinya, sebanyak jumlah hari kamu tidak puasa di bulan Ramadan tahun lalu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"