Bus Malam ke Sumatera Jarang Kasih Makan Gratis ke Penumpang, Ini Alasannya

Bus Malam ke Sumatera Jarang Kasih Makan Gratis ke Penumpang, Ini Alasannya

Bus AKAP atau Antar Kota Antar Provinsi memiliki banyak rute untuk penumpang ke banyak wilayah di Indonesia, seperti daerah di Jawa, Bali, Lombok, hingga daerah di Sumatera. Biasanya para penumpang di bus menuju wilayah Jawa mendapatkan makan gratis di sebuah rumah makan, karena pihak bus bekerja sama dengan rumah makan itu.

Namun berbeda dengan bus AKAP yang melayani rute dari pulau Jawa menuju Sumatera. Konon bus-bus ini sangat jarang beristirahat di rumah makan, sehingga para penumpang pun tak pernah mendapatkan makan gratis seperti penumpang bus AKAP di Jawa.

Sewan Delrizal sebagai pihak dari bus PO ALS mengatakan memang hal itu sengaja dilakukan oleh sopir bus tidak berhenti di rumah makan dan memberikan makan gratis pada penumpang. Alasannya karena jarak dari daerah Jawa menuju Sumatera sangat jauh, misalnya bus menuju Padang di Sumatera Barat atau Medan di Sumatera Utara.

Bus AKAP Menuju Sumatera (Kompas Otomotif)

"Karena jalur trayeknya jauh jadi tidak diberi makan, memang dari manajemen waktu perjalanannya. Bus menuju Medan bisa di jalan selama 3 hari, jadi tidak mungkin banyak istirahat dan berhenti di pinggir jalan,"ujar Sewan dilansir dari Kompas.com.

Selain waktu tempuh dan jarak yang dipertimbangkan, pihak perusahaan bus juga menilai bahwa rumah makan di Sumatera berbeda dengan wilayah Jawa. Bila rumah makan di Jawan berkonsep prasmanan, di Sumatera bergaya minang atau mirip rumah  makan Padang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"